18 Desa di Bondowoso Gelar Pilkades Serentak, Pada 12 Desember 2019.
Foto: Wabup Bondowoso dan Kepala BPMD

18 Desa di Bondowoso Gelar Pilkades Serentak, Pada 12 Desember 2019.

Laporan Guido.

BONDOWOSO, (suara-publik.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menetapkan jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 digelar pada 12 Desember mendatang. Penetapan ini sesuai surat edaran (SE) Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin yang diteken pada 15 Januari 2019 lalu.             

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bondowoso Abdurahman kantornya kemarin (11/7/2019) mengatakan, sesuai surat edaran (SE) Bupati Bondowoso yang diteken 15 Januari 2019 lalu, jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 di Bondowoso ditetapkan pada 12 Desember 2019. ”Pilkades Serentak 2019 yang nantinya dilaksanakan pada12 Desember 2019, itu diikuti 18 Desa tersebar di 10 kecamatan di Bondowoso,” katanya.             

Mantan Kabag Humas dan Kepala Disnakertrans Bondowoso, ini menjelaskan, 18 Desa yang melaksanakan pilkades serentak tersebut, terdiri 11 Kepala Desa (Kades) yang masa bhaktinya berakhir 2018 dan kini dijabat Pj. Kades dan 7 Kades yang masa bhaktinya berakhir pada 2019. ”Pemkab Bondowoso melalui Dinas PMD sudah melakukan sosialisasi kepada camat-camat terkait persiapan pilkades serentak itu. Termasuk, Dinas PMD juga telah memfasilitasi pembentukan panitia pemilihan tingkat desa yang sesuai tahapan dilaskukan bulan Juli ini,” jelasnya.             

Disinggung anggaran APBD yang dikucurkan untuk pilkades serentak, Abdurahman belum bisa memastikan. Namun, Sekretaris Dinas PMD, M. Asnawi Sabil mengungkapkan, Dinas PMD sudah mengusulkan anggaran pilkades serentak melalui Perubahan APBD (P-APBD) atau PAK Bondowoso 2019. ”Sesuai amanat undang-undang, pilkades serentak dibiayai APBD. Oleh karena itu, Dinas PMD sudah mengusulkan anggaran itumelalui P-APBD Bondowoso 2019,” ungkapnya.             

Untuk besaran anggaran setap desa yang melaksanakan pilkades serentak, menurut mantan Camat Jambesari Darussolah itu, kemungkinan bervariasi. Ini menyesuaikan jumlah penduduk atau daftar pemilih tetap di setiap desa. ”Saat ini, anggaran pilkades serentak melalui Perubahan APBD Bondowoso 2019, masih dalam tahap evaluasi Kemendagri dan Pemprov Jatim. Kalau sudah fiks baru kami beritahukan kepastian besarnya anggaran pilkades serentak itu,” tambahnya.             

Berdasarkan data Dinas PMD Bondowoso, 11 desa yang menggelar pilkades serentak karena masa bhakti kadesnya berakhir 2018 adalah Desa Maskuning Wetan, Kejawan, Taman, Sukosari Lor, Tangsil Kulon, Tarum, Prajekan Lor, Walidono, Mengen, Kalianyar, dan Sumber Anyar. Sedangkan, 2 desa yang masa bhakti kadesnya berakhir 2019, yakni Desa Rejoagung, Taal, Wonokusumo, Sumber Pakem, Sukosari, Prajekan Kidul, dan Bataan.

Sebelumnya Jelang Masuk Sekolah, Banyak Pagu di SMPN Bondowoso Belum Terpenuhi.
Selanjutnya Masa Tugas Tinggal 2 Bulan, DPRD Kabupaten Blitar Kebut 6 Ranperda Hingga Jadi Perda.