2 Anak Penguasa Bondowoso, Lolos Menuju Gedung DPRD.
Foto atas: Irsan Bachtiar Putra Wabup Irwan. Bawah: Siti Masyarafatul Putri Bupati Salwa Arifin

2 Anak Penguasa Bondowoso, Lolos Menuju Gedung DPRD.

Laporan Guido Saphan

BONDOWOSO, (suara-publik.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso memang sudah melakukan penghitungan dan penetapan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu Serentak Pilpres dan Pileg 2019 di Kabupaten Bondowoso.

Namun, KPU masih harus melakukan sejumlah tahapan lagi untuk menentukan nama-nama calon legislatig (caleg) yang bakal menduduki kursi DPR RI, DPD, DPRD Jatim, dan DPRD Bondowoso periode 2019-2024.  

Meski begitu, dari analisa penghitungan manual tim sukses sejumlah parpol peserta Pemilu 2019 menyebutkan, dari 45 kursi DPRD Bondowoso periode 2019-2024, jatah dua kursi diprediksi menjadi milik dua anak dari pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso periode 2018-2023, Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar.

100%

Yakni, Siti Masyarafatul Manna Wassala, putri  Bupati Salwa dan Muhammad Irsan Marwanda Bachtiar putra Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat.  

Karena, Siti Masyarafatul yang menjadi caleg PPP dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Bondowoso meliputi Kecamatan Pujer, Tlogosari, Sumberwringin, Sukosari, dan Ijen (Sempol), berhasil mendulang suara terbanyak. Perempuan murah senyum berusia 30 tahun, ini menyisihkan 8 caleg PPP lainnya di Dapil III.

Bahkan, Siti Masyarafatul kabarnya menjadi satu-satunya caleg parpol bergambar Ka’bah dari Dapil III yang lolos ke DPRD Bondowoso periode 2019-2024.  

Sedangkan, Irsan Bachtiar –panggilan akrabnya- merupakan caleg PDI-P dari Dapil I meliputi Kecamatan Bondowoso, Tenggarang, dan Wonosari. Anak kedua dari Wabup Irwan Bachtiar, ini meraih kursi DPRD Bondowoso, setelah meraih suara terbanyak kedua di Dapil I. Pria lajang berusia 22 tahun, ini kalah perolehan suara dari Sinung Sudrajat yang juga caleg PDI-P.  Dua caleg PDI-P dari Dapil I, ini yang akhirnya  melenggang duduk di kursi DPRD Bondowoso.  

Ketua KPU Bondowoso, Hairul Anam menegaskan, meskipun nama-nama caleg yang bakal menduduki kursi DPR Bondowoso periode 2019-2024 sudah beredar luas di masyarakat, namun sesuai Peraturan KPU RI, untuk menentukan dan menetapkan jumlah kursi dan nama-nama caleg parpol yang lolos menjadi anggota DPRD Bondowoso periode 2019-2024, KPU harus melakukan rapat pleno lagi setelah mendapat surat pemberitahuan ada atau tidak adanya sengketa Pemilu 2019.  

”Jadi, sampai sekarang KPU Bondowoso baru melakukan rekapitulasi penghitungan dan penetapan hasil peroleh suara Pemilu 2019 di Bondowoso. Sedangkan, untuk menentukan siapa saja nama caleg yang lolos ke DPRD Bondowoso, KPU masih surat pemberitahuan dari MK, baru setelah itu melakukan rapat pleno menentukan dan menetapkan kursi dan nama caleg yang terpilih menjadi anggota DPRD Bondowoso” tegas Hairul Anam. 

Sebelumnya Evi Zaenal Abidin Dan La Nyalla Segera Melenggang ke Senayan, Tempati Urutan Pertama dan Kedua Hasil Perhitungan Suara DPD RI Dapil Jatim.
Selanjutnya Simpan Sabu di Celana Dalam, Sepasang Kekasih Diringkus Didepan Mapolsek.