200 Anak Ikuti Bhaksos Sunatan Massal Dinkes Tanjungpinang.

200 Anak Ikuti Bhaksos Sunatan Massal Dinkes Tanjungpinang.

Laporan: Aryuwanda.

Tanjungpinang.Suara-publik Sebanyak 200 anak di wilayah Kota Tanjungpinang mengikuti sunatan massal yang diadakan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Sabtu 7 Juli 2018.

Kegiatan bakti sosial sunatan massal yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang digelar di dua tempat yang berbeda, yakni Sabtu 7 Juli, di Puskesmas Batu X, selanjutnya Rabu 11 Juli mendatang dilaksanakan di Puskesmas Pancur Tanjungpinang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM, mengapresiasi kegiatan bakti sosial sunatan massal yang digagas Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang. Menurutnya, kegiatan ini memberi manfaat yang luar biasa bagi masyarakat, selain mendidik masyarakat agar berprilaku hidup sehat, kegiatan ini juga menjadi wahana edukasi bagi anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sejak dini.

“ Saya apresiasi bakti sosial yang rutin dilakukan setiap tahun ini, semoga ini memberi manfaat bagi anak-anak di Kota Tanjungpinang “, ujarnya.

Penjabat Wali Kota, mengatakan saat ini berkhitan tidak lagi dipandang sebagai kewajiban menurut agama tertentu saja, tetapi sudah bersifat global, terlebih lagi merupakan kebutuhan kesehatan setiap orang. Namun, hal ini harus dilakukan oleh seorang dokter atau ahli khitan ditambah dengan peralatan yang higienis.

“ Diharapkan, anak-anak yang dikhitan sudah memahami akan pentingnya kesehatan dan kebersihan diri. Bagi laki-laki, khitan berfungsi mempermudah proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sah ibadah serta mencegah beberapa penyakit kelamin, “ terangnya.

Setelah sambutan, peserta sunatan massal diberikan bingkisan berupa kain sarung dan tas sekolah. Penyerahan itu dilakukan oleh Penjabat Wali Kota, diikuti Kepala Dinas Kesehatan, Rustam, Camat Tanjungpinang Timur, Yeny Trisia Isabella, Lurah Pinang Kencana, Syamsul Bahri, serta sejumlah tamu undangan.

Saat meninjau khitanan massal, beberapa anak terlihat ketakutan bahkan ada yang menangis, ketika tindakan sirkumsisi akan dilakukan oleh tim medis. Penjabat Wali Kota yang melihat itu pun langsung memberi dukungan dan menenangkan anak-anak yang akan dikhitan.(H/Ary)

Sebelumnya Dalam Sepekan, Polrestabes Surabaya Beserta Polsek Jajaran Ungkap 40 Kasus.
Selanjutnya Gara-Gara Love Bird, Pria Ini Mendekam Dalam Sel Polsek Kenjeran.