9 Kepala OPD Bondowoso, Ikuti Pertemuan Sakip Di Banyuwangi.
Foto: Tim Sakip Bondowoso

9 Kepala OPD Bondowoso, Ikuti Pertemuan Sakip Di Banyuwangi.

Laporan : M Susyanto

BONDOWOSO, (suara-publik.com) - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014, merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas organisasi perangkat daerah (OPD).

Selain itu, sebagai alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi (Infokom) Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yulianti, mengemukakan, acara yang digelar di Banyuwangi merupakan pertemuan dari berbagai tim Sakip.

Sementara team dari Bondowoso diketuai oleh Asisten 3 Sigit Purnomo MM dan 9 kepala OPD sebagai Pengampuh. "Dalam pembahasan tim itu tertumpu pada Zona integritas, yang dititik beratkan pada reformasi Birokrasi,"kata Haeriyah, saat dikonfirmasi Suara-publik.com Senin (10/10/2018) malam.

Kegiatan Sakip yang dimulai sejak tanggal 9 sampai dengan 11 Oktober 2018 ini, diikuti 14 Kabupaten dan kota. Sementara tim dari Pemkab Bondowoso, dihadiri oleh Wakil Bupati, Irwan Bachtiar Rahmat. "Tujuan Sistem Sakip ini adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya,"ujarnya.

Selain itu, dapat menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya.

"Terwujudnya transparansi instansi pemerintah, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan Nasional, dan terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,"ucap mantan Kabag Humas ini.

Sebelumnya Henry J Gunawan Tidak Betah Tinggal di Medaeng, Minta Jadi Tahanan Kota
Selanjutnya Diduga Oknum ASN Ini Melanggar UU Pemilu.