Akibat Nyabu Seorang Kakek Di Hukum Lima Tahun Penjara
Foto: Terdakwa Dipersidangan

Akibat Nyabu Seorang Kakek Di Hukum Lima Tahun Penjara

Surabaya (Suara Publik) - Sugiharta Tanudjaya seorang kakek berusia (59), harus menikmati masa tuanya dibalik jeruji besi selama 5 tahun penjara, lantaran terbukti menyalahgunakan narkotika jenis sabu sabu.

Dalam amar putusan yang dibacakan oleh majelis hakim yang diketuai Isjuaedi, terdakwa yang kini telah berusia 59 tahun ini divonis hukuman 5 tahun penjara. Setelah dirinya dinyatakan terbukti bersalah menyimpan memiliki sabu seberat 0,37 gram.

“Manyatakan terdakwa Sugiharta Tanudjaja dinyatakan terbukti bersalah menguasai, memiliki, dan menyimpan narkotika jenis sabu sabu seberat 0,37 gram. Menjatuhkan hukuman 5 tahun penjara terhadap terdakwa,” ujar hakim Isjuaedi di persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (19/6/2017).

Sesuai fakta-fakta persidangan terungkap bahwa terdakwa terbukti melanggar pasal 112 ayat 1 Undang Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Adapun hal yang memberatkan menurut hakim Isjuaedi, bahwa terdakwa tidak mendukung program Pemerintah dalam memberantas narkoba yang dicanangkan Pemerintah. “Hal yang meringankan adalah usia terdakwa yang sudah lanjut (tua) dan berperilaku sopan selama dalam persidangan,” ucapnya saat membacakan amar putusannya.

Meskipun selama persidangan terdakwa menyatakan jika dirinya hanya merupakan pengguna sabu, namun hakim Isjuaedi tak menggubrisnya. Menurut hakim Isjuaedi, selama persidangan terdakwa tidak pernah bisa membuktikan jika dirinya merupakan pengguna.

Selain hukuman badan, terdakwa juga dijatuhi hukuman denda sebesar Rp Rp 800 juta oleh hakim Isjuaedi. “Jika terdakwa tidak bisa membayar denda, maka terdakwa wajib mengganti denda dengan hukuman kurungan selama 2 bulan” tegasnya.

Pada persidangan sebelumnya, terdakwa mengaku sudah menggunakan sabu sebanyak 5 kali. Warga Jalan Maspati 5 Surabaya ini juga mengaku mengkonsumsi sabu untuk menjaga agar kondisi badannya tetap fit. “Saya pakai sendiri untuk jaga stamina. Badan saya terasa lemas setiap hari, makanya saya pakai sabu untuk jaga stamina,” kata terdakwa saat itu.

Perlu diketahui, dalam dakwaan jaksa penuntut umum Damang Anubowo terungkap, terdakwa ditangkap petugas Polretabes Surabaya usai bertransaksi sabu di daerah Sidotopo, Surabaya pada 8 Maret lalu. Dari hasil pemeriksaan laboratorium kriminalistik dipastikan bahwa barang haram milik terdakwa merupakan narkotika jenis sabu. Atas perbuatannya, Sugiharto dijerat dengan pasal 112 ayat (1) Undang Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika.(Mul).

Sebelumnya Layanan RS. dr. Soewandi Amburadul, Banyak Pasien Terabaikan
Selanjutnya Polres Pasuruan Amankan 298 Tersangka Dalam Operasi Pekat semeru 2017