Akses Jalan Depan Pondok Rusak, Santri Ihyaussunnah Lakukan Demo Tidur di Jalan.

Akses Jalan Depan Pondok Rusak, Santri Ihyaussunnah Lakukan Demo Tidur di Jalan.

Laporan Iwan Dayat.

Pasuruan Suara-Publik.Com Sejumlah santri pondok pesantren Ihyausaunnah Desa Toyaning kecamatan Rejoso kabupaten Pasuruan melakukan aksi tidur dan menutup jalan raya Rejoso-Winongan, Kamis (31/5).

Aksi puluhan santri dilancarkan sebagai aksi protes atas rusaknya akses jalan raya yang berada di depan pondok pesantren yang pernah diasuh oleh Abdurrahman Bahlega (alm) yang saat ini dikelola adiknya yakni oleh Ali bin Husain Bahlega.

Selain santri, Aksi protes menutup jalan untuk kendaraan besar ini juga diikuti oleh LSM Garda Pantura pimpinan Lukman Hakim.

" Bahwa tadi malam rabu jam 23.00.Wib, saya di telpon oleh Alhabib Ali Bin Husain Bahlega ( Adik Almaghfurlah Hb Abdurrahman Bahlega) untuk meminta dukungan kami Lsm Garda Pantura atas rusaknya beberapa bangunan Ponpes Ihyaussunnah Toyaning Rejoso dan rusaknya jalan disepanjang jalan Gading Winongan-Rejoso. Akibat banyaknya Truck-truck besar dari perusahaan Aqua dan Armada truck pengangkut bahan material proyek Nasional jalan tol yang melintasi jalan tersebut.

Pihak pengurus Pesantren mengeluhkan tidak tanggapnya pemerintah Kabupaten Pasuruan serta tidak merespon keluhan warga dan Pengurus Ponpes Ihyaussunnah, padahal beberapa kali sudah menyampaikan kepada pihak terkait.

Untuk mendukung aksi pemblokiran jalan tersebut karena ini langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat maka pagi tadi jam 09.00 Wib. Anggota LSM Garda Pantura melakukan pendampingan terhadap aksi tuntutan tersebut, " Kata Lukman.

Polres Pasuruan kota bersama polsek Rejoso mengawal aksi para santri beserta aktifis LSM. " Sejauh tidak anarkis, Kami hanya membantu kelancaran lalu lintas untuk masyarakat, " Tukas AKP Teguh selaku kapolsek Rejoso.

Dari pantauan Suara-Publik.com, Polisi dibantu koramil Rejoso menyiagakan anggotanya dan dibantu oleh personil dari Polres Pasuruan Kota, (dyt).

Sebelumnya Muspika Kemayoran, Jaring PSK Jerapah Gang Laler.
Selanjutnya Satlantas Polrestabes Surabaya, Amankan 27 Sepeda Motor 43 Pembalap Liar.