Bawaslu Bondowoso Seleksi 321 Calon Anggota Panwaslu Kecamatan.

Bawaslu Bondowoso Seleksi 321 Calon Anggota Panwaslu Kecamatan.

Dilaporkan oleh : Hery Masduki

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Sedikitnya 321 bakal calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), kabupaten Bondowoso, mengikuti tes tulis, di aula Badan latihan Kerja (BLK), jalan KH Samsul Arifin Tenggarang Bondowoso.            

Para peserta yang mengikuti tes, berasal dari seluruh daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Bondowoso, yang akan dipersiapkan sebagai pengawas pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018, dan pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.           

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Bondowoso, Fricas Abdillah.SH., mengatakan, saat ini komisioner Bawaslu menyelenggrakan seleksi calon-calon pengawas pemilu di tingkat Kecamatan.            

“Alhamdulillah dari peserta yang mendaftar sebanyak 364 orang, yang hadir pada acara seleksi hari ini yang tidak hadir hanya 43 orang, selebihnya saat ini ikut dalam seleksi,”kata Fricas Abdillah, Jum’at, (27/10).             

Kegiatanseleksi ini, akan dipilih 6 besar dimasing-masing Kecamatan. Setelah itu akan dilakukan tes wawancara untuk menentukan 3 orang komisioner Panwas Kecamatan. Sehingga yang akan ditetapkan sebagai Panwascam totalnya 69 orang.            

“Acara tes tulis ini hanya  dilaksanakan satu hari, dan proses berikutnya akan dilakukan tes wawancara untuk menentukan tiga orang calon Panwas di masing-masing Kecamatan,”ujarnya.            

Namun, Fricas belum bisa menyebutkan kapan tes wawancara itu dilakukan. Karena menurut dia, Bawaslu kabupaten akan melakukan seleksi hasil tes tulis hari ini yang akan diumumkan melalui media maupun wabsite yang dimiliki Bawaslu kabupaten Bondowoso.            

“Beberapa hari kedepan, para peserta yang telah ikut tes tulis hari ini dapat melihat langsung di media cetak maupun online,”terang aktifis HMI ini.             Fricas berharap kepada para peserta yang mengikuti tes tulis calon Panwascam dapat menjaga integritas, kejujuran. Karena menurut dia, bagaimanapun hal tersebut menjadi dasar untuk menjadi pengawas. Calon peserta yang akan dipilih berdasarkan tes ini akan menjadi pengawas pilkada dan pileg pilpres.

“Makanya mereka kita persiapkan untuk menjadi pengawas yang profesional dan menjujung semua aturan dan perundangan yang berlaku,”imbuhnya.(her)

Sebelumnya Baru 3 Bulan Jadi Mucikari, Arek Tambak Laban di Bekuk Polisi.
Selanjutnya Wow ! Ada Bensin Harga 6.100 Per Liter.