Bilik dan Kotak Suara di Ganti Kardus, KPU Kota Kediri Persiapkan Gudang.
Foto: Ketua KPU Pusat saat memantau Kotak Suara dari kardus.

Bilik dan Kotak Suara di Ganti Kardus, KPU Kota Kediri Persiapkan Gudang.

Laporan: Agus.

Kediri, SuaraPublik - Pemilu 2019 logistik kotak dan bilik suara tidak lagi terbuat dari alumunium melainkan dari kardus dan kedua logistik itu sudah dalam proses produksi dan akan didistribusikan pada Nopember mendatang. 

Karena menggunakan kardus, tentu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri membutuhkan tempat yang lebih luas untuk menyimpan logistik tersebut. Komisioner KPU Kota Kediri, Mochammad Wahyudi mengatakan, telah menerima informasi terkait kotak suara dan bilik suara dari kardus itu dari KPU Provinsi JawaTimur pada bintek di Situbondo, Selasa (2/10) dan pihaknya akan mempersiapkan gudang untuk penyimpanan logistik tersebut pasalnya logistik sisa Pilkada 2018 sampai saat ini masih tersimpan di gudang KPU.

“Sesuai rencana KPU RI, pendistribusian logistik ini dilakukan pada bulan Nopember. Yang menjadi kerisauan di KPU Kota Kediri adalah masih penuhnya gudang dengan logistik pasca pilkada 2018. Informasi dari staf biro logistik KPU RI saat memberikan materi tentang logistik pemilu diprediksi satu kontainer memuat 1500 kotak suara, sehingga kalau KPU kota Kediri memerlukan 4.735kotak suara dibutuhkan hampir 4 kontainer dan artinya dibutuhkan gudang dengan luasan 48 kali 12 meter persegi,” paparnya.

Ditambahkan, logistik dari kardus itu dianggap lebih ekonomis namun juga membutuhkan penyimpanan yang ekstra hati – hati. Mengantisipasi gudang yang belum mencukupi untuk menyimpan logistik itu, KPU Kota Kediri akan menggunakan ruangan bagian selatan yang saat ini digunakan untuk informasi dan pendaftaran calon legislatif. 

Namun Wahyudi masih menunggu surat jawaban dari KPU RI untuk melelang logistik sisa Pilkada 2018 agar gudang mencukupi untuk penyimpanan logistik 2019 “Kalau sudah ada penjualan kotak suara sisa Pilkada kemarin sangat mencukupi, kalau belum alternatifnya kita letakkan di ruangan KPU sebelah selatan. Yang jelas kita sudah mengajukan penjualan barang milik negara ke Sekjend KPU RI, ini tinggal nunggu suratbalasannya,” jelasnya. 

Sementarab untuk memastikan logistik yang terbuat dari kardus itu tidak rusak, KPU Kota Kediri akan menggunakan palet sebagai alas serta menyemprotkan cairan anti hama untuk menangkal rayap. Selain 4.735 kotak suara, KPU Kota Kediri juga membutuhkan bilik suara 3.788 yang terbuat dari kardus.(Guss)

Sebelumnya Wawali Pasuruan Benarkan 4 Ruangan Disegel
Selanjutnya AKBP Roni Faisal Faton, Kini Pimpinan Polres Kediri.