Budayakan Membaca, Kades Tumpeng Bangun Taman Bacaan Masyarakat.
Foto: Hasil Pembangunan Desa Tumpang(insert) Kades Tumpeng Siswanto Bimantoro.

Budayakan Membaca, Kades Tumpeng Bangun Taman Bacaan Masyarakat.

Laporan : M Susyanto

BONDOWOSO, suara-publik.com - Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa Yang Bersumber dari APBN, dengan luasnya lingkup kewenangan Desa dan dalam rangka mengoptimalkan penggunaan Dana Desa, maka penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Penetapan prioritas penggunaan dana tersebut tetap sejalan dengan kewenangan yang menjadi tanggung jawab Desa. Siswanto Bimantoro Kepala Desa Tumpeng kecamatan Wonosari dalam pelaksanaan program Dana Desa di tahun 2018.

Pembangunan di rencanakan bermacam macam item pyisik bangunan, selain pemberdayaan, terangnya di saat di temui di kediamannya ( 06-10)

Masih Kedes Tumpeng, selain sudah saya lakukan rehab kantor Desa yang bersumber dari anggaran dana desa ( add ) untuk kenyamanan dalam pelayanan publik. Juga Anggaran Dana Desa (DD) 2018 ini saya laksanakan di antaranya Taman bacaan masyarakat ( TBM ) yang di lengkapi dengan layanan gratis wifi agar merangsang niat warga untuk gemar membaca, di samping murid madrasah ibtidaiyah ( MI ) yang kebetulan ada di samping kediaman Kepala Desa.

Tidak hanya itu, Rabat beton juga di ikuti Tembok penahan tanah( TPT ) keseluruhan dengan panjang 450 meter. Irigasi juga saya garap sepanjang 370 meter agar apabila terjadi hujan dengan volume debet air melimpah tidak akan ada lagi genangan air ke rumah rumah warga," Terangnya.

Masih Siswanto,"Rumah Tidak Layak huni(RTLH) 1 unit karena warga yang bersangkutan sangat membutuhkan sehingga kami pemerintah desa dapat mengalokasikan dari Dana desa ini.

Alhamdulillah sampai saat ini di nikmati dan di rasakan langsung oleh penerima. Mengingat di RT 13 kebutuhan mandi dan BAB sangat di butuhkan juga, maka kami sudah rampungkan penggarapan MCK 1 unit yang membawai 200 kepala keluarga ( KK )beserta tandon air 1 unit." Ujarnya.

Seperti juga jalan lingkungan dengan paving sepanjang 925 meter lebar 2,5 meter sudah di lalui oleh warga kami sehingga warga kami yang beraktifitas pedagang maupun petani dan lain lain menjadi lancar .

Kemudian rencana pelaksanaan penggarapan jembatan sepanjang 9 meter dan lebar 3 meter penghubung jalan antara desa tumpeng dengan desa tansel wetan Masih akan di garap di bulan ini,karena dana masih menunggu tahap pencairan berikutnya. Begitu juga rehab polindes di kantor desa dengan tujuan agar masing masing petugas/lembaga dapat beraktifitas di kantor masing masing.

Karena rehab polindes dan kantor ini akan di tempati oleh Babinkmtibmas, Babinsa, PKK dan BPD sehingga dari segi pelayanan akan berjalan lancar sesuai harapan masyarakat." Imbuhnya.

Menanggapi pelaksanaan pembangunan yang di lakukan oleh pemerintahan desa Tumpeng membuat koordinator Kades se Kecamatan Wonosari Syamsuri angkat bicara" Semua itu karena niat baik seorang pemimpin seperti Siswanto Bimantoro kades Tumpeng. Kalau niat baik di lakukan sesuai amanah rakyat, sudah tentu masyarakat sendiri yang akan menikmati manfaat dari program yang ada, saya salut atas kepemimpinan beliau yang sudah 2 periode ini," Pungkasnya.

Sebelumnya Subdit Jatanras Polda Jatim, Bekuk Calo Pemerasan Di Bungurasih.
Selanjutnya Kepri Wujudkan Ekonomi Kreatif dan Wisata Khusus.