Bupati Bondowoso, Kunjungi Wisata Situs Batu Lampetah Patek.

Bupati Bondowoso, Kunjungi Wisata Situs Batu Lampetah Patek.

Dilaporkan : mahfud Susyanto

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Setelah beberapa waktu yang lalu ditulis media ini terkait situs purbakala yang terlupakan. Kini Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, tinjau peninggalan bersejarah, berupa batu Lampetah Patek, di desa Walidono Kecamatan Prajekan. Kamis (26/1/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Camat Prajekan dan Kepala Desa Walidono. “Dilestarikannya cagar budaya ini, Pemerintah Kabupaten Bondowoso berencana akan mendaftarkan benda sejarah kerajaan ini untuk menjadi cagar budaya,”kata Camat Prajekan Abdurrahman.

Dikatakan, di Bondowoso banyak benda bersejarah di Kecamatan Prajekan yang akan diregister untuk dijadikan cagar budaya. Sehingga pihaknya terus berupaya untuk mendata, karena banyak situs sejarah budaya di Prajekan yang dapat dijadikan cagar budaya.

"banyaknya benda bersejarah di Kecamatan Prajekan ini, nantinya dapat dijadikan destinasi wisata, dan ini akan berdampak kepada meingkatnya ekonomi di masyarakat,”ujarnya.

Dijelaskan, saat melakukan tinjauan ke lokasi batu Lapetah Patek, menurut Abdurahman, masih banyak yang harus diperbaiki, seperti infrastrukstur yang dapat memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke lokasi batu lampetah patek.

“Mudah-mudahan ditahun 2018 ini, APBD kita dapat menjangkau infrstruktur yang menuju ke lokasi Lampetah Patek ini" harapnya.

Abdurrahman, mengemukakan, untuk mendorong percepatan pembangunan disemua sektor, hal tersebut guna percepatan kemakmuran masyarakat melalui badan usaha milik desa BUMDes, dan kepalompok Darwis, sehingga dapat meningkatkan potensi wisata yang ada diwilayah Kecamatan Prajekan.

“Ini pula dapat memudahkan peluang masuknya investor, tentunya sesuai peraturan perundangan yang berlaku,”tegasnya.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, menyambut baik upaya yang telah dilakukan oleh pemerintahan desa Walidono. Sehingga, dengan adanya cagar budaya yang dilestraikan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, Bupati sangat terkesan dengan benda-benda peninggalan bersejarah yang ada di desa Walidono, apalagi setelah dilakukan perbaikan-perbaikan di area tersebut. “Saya begitu terkesan dengan peninggalan bersejarah seperti ini yang masih terjaga dengan sangat baik,”ujar Bupati Amin.

Bupati ini juga salut karena kepada Pemerintah Desa yang tidak melupakan sejarah dan telah membesarkan nama desa Walidono, ke daerah lain. Sehingga Bupati Berharap kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Bondowoso untuk terus menggali potensi yang dimilikinya.

Dengan begitu, akan menciptakan peluang untuk mempromosikan potensi yang ada di masing-masing desa, apakah itu wisata, kerajinan dan budaya,”pungkasnya. (*)

Sebelumnya Yiska, Kurir Narkoba Antar Negara, Terancam Hukuman Mati.
Selanjutnya Merasa Dilecehkan, Pasien Nasional Hospital Lapor Polisi.