Bupati Bondowoso Serahkan Bantuan Peralatan Usaha Kepada Seratus Pelaku IKM dan UMKM
Foto: Bupati Bondowoso Didampingi Ketua DPRD Saat Menyerahkan Bantuan (her)

Bupati Bondowoso Serahkan Bantuan Peralatan Usaha Kepada Seratus Pelaku IKM dan UMKM

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Bupati Bondowoso, Drs.H.Amin Said Husni, menyerahkan bantuan peralatan bagi ratusan wirausaha Industri Kecil Menengah (IKM) dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),di Pendopo Buapati, Selasa, (13/6/2017).

Hadir dalam acara tersebut, selain Bupati, adak Ketua DPRD, H.Ahmad Dhafir, Sekda, H.Hidayat, Assisten II, H.M Ervan, Kadis Koperindag, H.Bambang Sukwanto, Kepala Bank Jatim, Muhammad Arif, Pengurus PC NU dan ratusan penerima bantuan IKM dan UMKM.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati yang didamping Ketua DPRD tersebut berasal dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso, yakni, sebanyak 100 penerima manfaat, diantaranya, refarasi HP, mebeler, pedagang bakso, pedagang gorengan, tukang tambal ban, tukang pengolah tepung, pedagang krupuk, cuci sepeda motor, perajin konfeksi  dan sejumlah wirausaha produktif lainnya, ditambah 10 orang yatim piatu.

Kepala Dinas  Koperindag Kabupaten Bondowoso, H.Bambang Sukwanto, dalam laporannya mengungkapkan, Dalam rangka pencapaian visi dan misi Bupati, Koperindag yang mengemban amanah telah melaksanakan visi tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat.

Kata Bambang, berbagai program dan kegiatan telah dikerjakan secara sistimatis untuk memberi stimulan pada sector mikro ekonomi produktif yang dapat mendorong meningkatnya perekonomian  dan bermuara pada meningkatnya ekonomi mikro.

Menurutnya, salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah perbaikan system ekonomi yang diimplementasikan dengan pemberian bantuan peralatan usaha mikro dan kecil menengah yang diharapkan dapat menjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

“Atas terselenggaranya acara ini, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati yang telah memberikan kepercayaan untuk menjalankan amanah dan sekaligus arahan serta petunjuk yang bermanfaat bagi masyarakat,”katanya

Selain itu, ia juga menyampaikan terimakasih Ketua DPRD yang telah mengawal kegiatan Koperidag, sehingga semua kegiatan yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, Drs.H.Amin Said Husni, dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasih kepada pelaku UMKM yang telah hadir secara langsung di pendopo.

“Suatu kehormatan bagi saya selaku Bupati, karena bapak ibu yang hadir secara bersama-sama menyaksikan pemberian bantuan ini,”kata Amin Said Husni.

Bupati menyampaikan agar semua kelompok IKM dan UMKM yang hadir pada kesempatan ini, tidak menganggab bantuan yang diberikan ini hanya sebatas hiasan saja, tapi dijadikan bantuan sebagai wadah untuk berinovasi dan berkreasi dalam mencari nafkah.

“Saya hanya menyarankan agar semua kelompok wirausaha yang telah menerima bantuan ini agar dapat mempergunakan dengan baik,”saran Bupati.

Selain itu, Bupati berharap agar bantuan yang telah diberikan ini tidak disalahgunakan. Karena bantuan ini merupakan amanah yang harus digunakan sebaik mungkin dan bertanggungjawab. Dan pertanggungjawaban itu tidak hanya kepada pemerintah, tapi juga kepada masyarakat.

“Tanggung jawab itu tidak hanya kepada lembaga dan masyarakat, tapi tanggung jawab diakhirat. Oleh karena itu, mari kita selalu ingat dan mari kita jaga untuk merawat bantuan pemerintah ini dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Lebih jauh Bupati memaparkan, bantuan sarana prasarana kewirausahaan dalam rangka serba usaha bagi masyarakat. Atas program bantuan tersebut Bupati juga menyampaikan terimakasih dan apreisasi kepada Dsikoperindag yang telah menyelenggarakan pertemuan yang dikemas dengan penyerahan bantuan dan acara buka bersama.

“Tak lupa pula kepada Ketua DPRD H.Ahmad Dhafir, yang telah memberikan support, dukungan kepada Pemkab dalam upaya memberdayakan masyarakat untuk menjadikan masyarakat berdaya,”ujarnya.

Bupati mengemukakan, bahwa salah satu visi pemerintah yaitu menjadikan masyarakat Bondowoso sebagai masyarakat yang berdaya secara ekonomi, bersaing dalam mengelola kehidupan secara sejahtera. Salah satu caranya adalah, dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana dalam rangka mendukung kewirausahaan.

“Seperti yang telah diterima oleh pelaku usaha yakni, gerobak bakso untuk mendukung dalam mengembangkan usahanya dalam berjualan bakso, termasuk alat tambal ban, selep tepung dan lain-lain,”ungkapnya.

Kata Bupati, bantuan alat ini diberikan untuk mendorong memberikan semangat kepada masyarakat didalam mengembangkan usaha. Karena dijaman sekarang ini persaingan semakin ketat maka, segenap daya upaya harus dilakukan dengan penuh semangat. Tetapi usahakan untuk tetap berikhtiar dan berupaya mencari rejeki yang halal atau berwirausaha itu merupakan sumber rejeki yang paling baik.

“Seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW, bahwa sumber penghasilan yang paling baik adalah yang diperoleh dari tangan kita sendiri, dan makanan yang paling baik adalah makanan yang diperoleh dari usaha sendiri, dengan berdagang bakso, menambal ban dan usaha yang halal lainnya,”ujarnya.

Bupati Amin berharap, agar bantuan ini betul-betul bisa dikembangkan, karena sukses dan tidaknya sebuah usaha, tidak hanya bergantung kepada alat dan modal. Namun, juga harus ada tekad dan semangat serta kemauan yang kuat. Meski sudah mendapat bantuan alat, tapi tidak ada semangat dan malas untuk bekerja, maka tidak aka nada gunanya alat itu.

“Dengan bantuan alat ini, kemudian ditambah lagi dengan semangat insya Allah hasilnya akan berlipat ganda, dan mudah-mudahan dimudahkan oleh Allah SWT,”tegasnya.

Bupati Amin menambahkan, bahwa momentum bulan suci ramadhan ini dapat dimanfaatkan untuk membulatkan tekad, meneguhkan semangat, untuk menjadi yang terbaik, terbaik dalam urusan akhirat, dan terbaik dalam urusan dunia. Tidak hanya sekedar memutar tasbich dan bersujud terus, tetapi juga usahanya harus kencang.

“Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan barakah, sehingga kita itu memperoleh kebaikan didunia, tapi juga harus seimbang untuk mendapatkan kebaikan diakhirat,”pungkasnya. (her)

Sebelumnya Kadis PUPR Optimis HIPPA Sido Makmur Cindogo Raih Juara I
Selanjutnya Rotterdam Homestay di Razia, PPA Amankan 4 Orang 1 Diantaranya Jadi Tersangka TPPO