Bupati Salwa Lantik Alun Sebagai Kepala BKD dan Solikhin Sekwan Bondowoso.
Foto: Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin Saat melantik Kepala BKD dan Sekwan

Bupati Salwa Lantik Alun Sebagai Kepala BKD dan Solikhin Sekwan Bondowoso.

Laporan Guido Saphan

BONDOWOSO (suara-publik.com) - Dua kursi jabatan eselon II di lingkup Pemkab Bondowoso, yakni Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Sekrekaris DPRD (Sekwan) yang kosong sejak 4 Februari 2019 lalu, akhirnya terisi. Ini setelah, Bupati Bondowoso Salwa Arifin melantik Alun Taufana Kristiani sebagai Kepala BKD dan Solikhin menjadi Sekwan.  

Pelantikan dan pengambilan sumpah dua pejabat tinggi pratama di lingkup Pemkab Bondowoso, itu dilakukan Bupati Salwa di Pendapa Bupati setempat pada Kamis pagi (18/4) lalu. Alun –panggilan akrab Alun Taufani Kristiani- sebelumnya menjabat salah satu Kepala Bidang (Kabid) di BKD.  Sementara Solikhin sebelumnya menjabat Plt Sekwan dan Kabag Perundang-Undangan.

Pelantikan dihadiri Wabup Irwan Bachtiar Rahmat, para kepala OPD, Camat, dan sejumlah undangan.   Bupati Salwa mengharapkan, dua pejabat eselon II yang baru dilantik dapat membuktikan kinerja yang tinggi serta memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Selain itu, cepat beradaptasi terhadap perubahan, dinamis dalam pemikiran, dan bisa melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran kreatif dan inovatif.

”Dengan begitu, bisa menjawab tantangan dan tuntutan pembangunan. Sehingga, bisa menyelesaikan apa yang menjadi visi dan misi Bupati dan Wabup dalam mewujudkan Bondowoso Melesat,” katanya.  

Wabup Irwan juga mengingatkan dua pejabat eselon II yang baru dilantik sebagai Kepala BKD dan Sekwan selalu menjaga amanah. Terlebih, keduanya terpilih melalui seleksi lelang jabatan terbuka atau open bidding dengan hasil baik. ”Selain itu, rekam jejak kedua pejabat bekerja dan pengalaman di dua kelembagaan, itu  sehingga menjadi pertimbangan bupati memilih, karena sesuai posisinya,” katanya.  

Sebelum dilantik, Alun dan Solikhin menjalani tahapan seleksi lelang jabatan terbuka sejak pertengahan Februari 2019. Alun bersaing dengan tiga pejabat, yakni Slamet Yantoko, Ahmad, dan Taufan Restuanto untuk merebut jabatan Kepala BKD. Sedangkan, Solikhin juga bersaing dengan tiga pejabat, yakni, Ahmad, Rahmatullah, dan Juni Sukarno.

Mereka harus melewati uji kompetensi, uji manajerial, dan wawancara dihadapan panitia seleksi yang diketuai Pj. Sekda Bondowoso, Agung Tri Handono.

Sebelumnya Madrasah Miftahul Ulum, Gelar Ikhtibar ke 19.
Selanjutnya Wabup Irwan Berharap, Prestasi Kevin Tingkatkan Batik Bondowoso.