Bupati Salwa Mulai Mutasi Pejabat, 8 Kepala OPD Bondowoso di Geser.
Foto: Bupati Bondowoso saat melantik pejabat eselon dan Kepala OPD.

Bupati Salwa Mulai Mutasi Pejabat, 8 Kepala OPD Bondowoso di Geser.

Laporan : Guido Saphan

BONDOWOSO,(suara-publik.com) - Gerbong mutasi pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso untuk kali pertama digulirkan pasangan Bupati Salwa Arifin dan Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rachmat sejak resmi dilantik Gubernur Jatim Soekarwo pada 24 September 2018 memimpin Bondowoso.  

Bupati Salwa didampingi Wabup Irwan pada Senin pagi (4/2/2019) di Pendapa Bupati memutasi 48 pejabat eselon II dan III. Dari 48 pejabat tersebut, Bupati Salwa memutasi 11 pejabat eselon II (OPD). Dari sebelas pejabat eselon yang dimutasi ini, sebanyak 6 pejabat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dekat dengan mantan Bupati Bondowoso sebelumnya Amin Said Husni serta mantan Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir dan mantan Sekda Bondowoso Hidayat.

Dua pajabat kepala OPD lain yang dimutasi adalah Dwi Wardhana Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Wiratmo Mulyanto Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD).

Enam kepala OPD yang dikenal dekat Bupati Amin Said Husni, Ahmad Dhafir , dan Hidayat adalah Karna Suswandi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR);  Munandar Kepala Dinas Pertanian (Dispertan), Wawan Setiawan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan Bambang Sukwanto Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag),  Dua pejabat lagi adalah Endang Hardiyanti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Farida Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Karna Suswandi dimutasi sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggantikan Dwi Wardhana. Munandar menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Eselon IIB. Wawan Setiawan menjabat Asisten III Administrasi Umum Pemkab menggantikan Sigit Purnomo. Bambang Sukwanto Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik. Endang Hardiyanti menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD) menggantikan Wiratmo Mulyanto. Farida hampir sepuluh tahun menjabat Kepala BPKAD dimutasi menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang lowong.

Dwi Wardhana menjadi Kepala Dinas Pertanian menggantikan Munandar dan Wiratmo Mulyanto sebagai Kepala BPKAD menggantikan Farida. Tiga pejabat eselon II lagi yang dimutasi adalah Harimas Sekretaris DPRD menjadi Kepala Disdikbud menggantikan Endang Hardiyanti, Sigit Purnomo Asisten II Pemkab menjad Kepala Diskopperindag menggntikan Bambang Sukwanto, dan dr. Agus Suwardjito yang tadinya Plt menjadi Asisten II Pemkab.

Dari mutasi perdana yang dilakukan Bupati Salwa ini, masih ada tiga jabatan kepala OPD yang lowong. Yakni, jabatan Kepala Dinas PUPR, Kepala BKD, dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim). Tiga dinas ini sementara dikoordinir sekretaris dinas. BKD dan Dinas Perkim tetap sekretaris lama.

Sedangkan, Dinas PUPR dikoordinir sekretaris baru Mulyadi yang sebelumnya Direktur PDAM Bondowoso menggantikan Dadan yang dimutasi sebagai Sekretaris Diskopperindag.

Bupati Salwa usai melantik dan mengambil sumpah para pejabat baru mengatakan, mutasi dilakukan semata-mata sebagai penyegaran bagi pejabat. Dengan harapan, bisa  membawa suasana baru dan memperkaya pengalaman. Sehingga muncul ide dan gagasan dalam menjalankan tugas di tempat barunya.

”Karena itu, saya mengingatkan kepada penjabat yang telah dilantik dan disumpah untuk bekerja sebaik-baiknya dengan setulus hati dan sepenuh hati menjalankan tugas dan amanah ini,” kata Bupati Salwa.

Sebelumnya DB Meningkat Hingga 66 Kasus, Ka. Dinkes Bondowoso Ajak Masyarakat Berantas Sarang Nyamuk.
Selanjutnya Yudy Hartanto: Tidak Benar Saya Menerima Uang 162 M Dari PT BSJ.