Calon Sekdes Tak Segera di Lantik, Ini Yang di Kawatirkan Camat.
Foto: Kades Ambeng-Ambeng Watangrejo Fakruddin

Calon Sekdes Tak Segera di Lantik, Ini Yang di Kawatirkan Camat.

Laporan Nur Wahyudi.

Gresik,suara-publik.com Sampai detik ini, calon perangkat posisi Sekdes Desa terpilih pada P3D Desa Ambeng-ambeng watangrejo tak kunjung dilantik oleh Kepala Desa sehingga tak kunjung bisa bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan.

Alhasil, calon yang terpilih itu meradang karena pelantikan yang tidak menemukan titik terang, menyatakan ‘Bebannya’ semakin berat apalagi Calon perangkat Desa lain sudah dilantik oleh Kepala Desanya.

“Saya tidak tahu apa alasan Kades tidak segera melantik. Apalagi perangkat desa lain sudah dilantik dan sekarang sudah bekerja,” sebut sumber warga setempat yang enggan namanya di online kan, jumat (2/6).

Pengisian calon perangkat Desa Ambeng-Ambeng Watangrejo pada posisi sekdes menuai polemik, calon Muhammad Iqbal (happy) pada seleksi tahap pertama memenuhi passing grade dan lolos setelah mendapat tambahan 4 poin dari pihak ketiga. Namun meski begitu panitia P3D tetap melakukan seleksi kedua dan hasilnya Muktar Sapaat menjadi unggul dan dinyatakan lolos, polemik terus bergulir saat Muhammad Iqbal tidak terima saat dinyatakan, Muktar sapaat yang akan direkom oleh Panitia P3D untuk dilantik.

Hearing sudah digelar oleh Komisi I DPRD Gresik dengan Panitia P3D namun pelantikan masih tetap saja tidak jelas kapan waktunya. Komisi I DPRD Gresik melalui Mujib Ridwan mengatakan jika sudah merekomendasi Peserta yang lolos pada seleksi tahap pertama, Muhammad Iqbal.

"Dewan sudah memberikan rekomendasi Dan sekarang bola sudah posisi di desa, sekarang sudah kewenangan desa untuk melantik, harus dilantik," ungkap Mujib Ridwan.

Kades Ambeng-Ambeng Watangrejo, Fakruddin saat di konfirmasi oleh Media dan LSM FPSR, rabu (29/5) mengatakan dengan tegas jika alasan tidak melantik Calon Sekdes karena tidak mendapat Rekom dari Camat Duduksampeyan, Suropadi.

"Saya tidak melantik karena sampai saat camat tidak mau rekomendasi, itu alasan yang membuat saya tidak berani melantik, " tegasnya singkat.

Ditempat terpisah, Camat Duduksanpeyan, Suropadi memberikan tanggapan terkait rekom yang dijadikan alasan Kades Ambeg-Ambeng Watangrejo tidak segera melantik. Menurut Suropadi jika Rekom yang dijadikan alasan untuk kades terkait pelantikan, Suropadi dengan tegas mengatakan itu salah besar, 'Salah itu, sesuai Perbup 19 thn 2017, batas waktu usulan kades ke Camat hanya 5 hari kerja, setelah itu Kades boleh melantik calon perangkat desa, jadi kades berhak melantik walau tanpa rekom Camat," tegas Suropadi, rabu (31/5).

Suropadi menambahkan jika Panitia P3D desa Ambeng-Ambeng Watangrejo mengusulkan calon yang lolos ujian tes kedua, Muktar sapaat untuk di mintakan rekom dan dilantik, namun Suropadi tidak memberikan rekom karena dikhawatirkan akan timbul masalah.

"Kalau Kades mengusulkan rekom ke Camat hasil tes tulis ke dua , Yang jelas Camat tidak me-rekom. Sebab akan bermasalah dan be-resiko," tambah suropadi. "Menurut saya, Solusi yang terbaik, Kades melantik hasil tes tulis yg pertama (Muhammad Iqbal)

Biarkan hasil tes ke dua menggugat ke PTUN. Nanti hasil nya, menunggu keputusan pengadilan, Supaya pelayanan di desa tetap berjalan dengan baik, itu hanya sekedar saran,bukan intervensi, supaya konflik di desa tdk berkepanjangan," pungkasnya.

Sebelumnya Ketahuan Simpan Sabu Dalam Sandal, Kuli Bangunan Asal Jojoran di Bekuk Polisi
Selanjutnya Walikota Pasuruan Santuni 44 Anak Yatim Abul Yatama..