Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Balongmojo Lakukan Semprotan Disinfektan Mandiri.

Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Balongmojo Lakukan Semprotan Disinfektan Mandiri.

Gresik, suara-publik.com Mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di tengah tingginya gelombang mudik, sejumlah Desa Gresik melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat keramaian. Seperti yang telah dilakukan Desa Balongmojo Kecamatan Benjeng, Gresik. Penyemprotan ini, menggandeng pihak puskesmas.

Seluruh rumah warga desa, warung, hingga balai desa menjadi sasaran penyemprotan disinfektan. "Meski menggunakan dana pribadi karena Dana Desa belum turun, saya bersama seluruh perangkat desa melakukan penyemprotan," ungkap Kepala Desa Balongmojo, Sutikno (4/4).

Ia menjelaskan, tidak hanya penyemprotan, pihaknya juga memberikan sosialisasi, menyebar brosur, dan memasang banner terkait pencegahan Covid-19. "Karena warga kami ada yang datang dari luar daerah," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan pencegahan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu merupakan aksi yang ketiga kalinya dengan Wipol dan Superpel. "Nanti menjelang puasa pasti bertambah warga yang datang. Ini pasti lebih kerja keras lagi," pungkasnya.

"Kami juga menekankan tidak main-main dalam penanganan Covid-19," ungkapnya.

Sutikno menjelaskan, langkah pencegahan di tingkat desa merupakan tindak lanjut Surat Edaran Kementerian Desa dan Gubernur Jatim terkait Dana Desa disisihkan untuk permasalah Covid-19. "karena dana desa belum turun, jadi kita pakai dana pribadi untuk pembelian masker dan handsanitizer untuk kebutuhan desa," jelas pria yang akrab disapa Cak Tik.(Imam. S)

Sebelumnya Cegah Corona, Gunakan Alat Semprot Swadaya, Warga RT 7 RW 10 Semprot Disinfektan ke Perumahan Star Safira.
Selanjutnya Sesuai LKPP E-Catalog, Desa Banter Wujudkan Mobil Siaga Desa.