Coblos Ulang, Khofifah Unggul diTPS 49 Manukan Kulon.
Foto: Prosesi dan Hasil Pemungutan Suara Ulang tps 49 Manukan Kulon.

Coblos Ulang, Khofifah Unggul diTPS 49 Manukan Kulon.

Laporan : Tom

Surabaya suara-publik.com - Pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 49 Manukan Kulon, Tandes Surabaya telah selesai. Penghitungan suara pun sudah dilakukan. Hasilnya, suara untuk pasangan calon (paslon) Khofifah-Emil, unggul mengalahkan suara Gus Ipul-Puti.

Dari 381 DPT (daftar pemilih tetap) yang ada, tercatat hanya sebanyak 212 orang saya menggunakan hak pilihnya. Dengan rincian, 135 suara untuk paslon Khofifah-Emil dan 72 suara untuk paslon Gus Ipul-Puti. Sedangkan suara yang dinyatakan tidak sah sebanyak 5 suara.

Ketua KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) TPS 49, Puji Herwanto mengatakan, 212 pemilih yang menggunakan hak suaranya tersebut tercatat menurun. Sebab pada hari H pencoblosan 27 Juni 2018 kemarin, hingga penclobosan ditutup, terdapat sekitar 290 warga yang menggunakan hak pilihnya.

Puji Herwanto juga mengatakan, pencoblosan ulang di TPS 49 Hari ini cukup lancar, dan mungkin ini yang diharapkan oleh semua pihak. Jadi yang selama ini mungkin bertanya-tanya sekarang sudah terlaksana dengan baik ya mudah-mudahan nanti tidak ada masalah lagi," kata ketua KPPS susulan kecamatan Tandes, Puji Herwanto.

100%

Sementara, Ketua RT 6, Manukan Kulon, Ahmad Zainu mengaku tidak tahu mengapa minat warga menurun dibanding hari H pencoblosan. Sebab menurutnya, banyak warga disana yang mengaku tidak keberatan jika harus mencoblos ulang. "Mau bagaimana lagi mas. Terpaksa warga nyoblos lagi karena sudah diundang. Warga tidak masalah karena persoalan awalnya sudah tahu dari media.

Tapi, angka (212) itu saya rasa cukup bagus," beber Ahmad.

Seperti diketahui, setelah mendapati pemilih ganda pada 27 Juni 2018 lalu, gakumdu (penegak hukum terpadu) memutuskan melakukan PSU pada Minggu (1/7/2018) di TPS 49 Manukan Kulon, Tandes, Surabaya ini. Sementara kasus pemilih ganda ini tengah mereka tangani. ( Tom)

Sebelumnya H. Nurdin: Ranperda Bersama Fraksi-Fraksi, Mengelola Sumberdaya Lebih Efisien dan Efektif.
Selanjutnya Gelapkan Sepeda Motor, Pria Paruh Baya Ini Terciduk di Situbondo