Coffe Roastery Sajikan Racikan Kopi Khas Bondowoso.
Foto: Coffee Roastery Pelita Bondowoso

Coffe Roastery Sajikan Racikan Kopi Khas Bondowoso.

Laporan : Mahfud Susyanto

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Merebaknya coffee shop di berbagai belahan dunia. Hal tersebut tidak dapat di pungkiri lagi para generasi muda jaman now atau jaman sekarang yang sangat betahnya duduk berlama lama sambil nongkrong di kedai atau di waarung kopi.

Namun, berbeda dengan sajian Coffee Roastery Pelita Bondowoso, karena racikan khas kopi hulu Bondowoso yang sudah mendunia tepatnya yang tumbuh di gunung ijen Bondowoso. 

Coffee Roastery Pelita, yang didirikan oleh Tri Hartono, atau yang akrab disapa mas Udik, tidak bosan bosannya melayani para pengunjung di cafee miliknya di jalan pelita kota Bondowoso. 

Suguhan yang berbeda kepada pelanggan, melengkapi cafee miliknya. Sebab, pelanggan juga dimanja dengan alunan music ala remaja masa kini. Sehingga, tidak heran jika para pelanggan sangat betah duduk berlama lama sambil menikmati bernagai berbagai minuman kopi asli Bondowoso.

“Kampung kopi jalan pelita ini, kita dirikan agar dapat mewujudkan kawasan kampung kopi yang berkarakter, kreatif, dan bermanfaat bagi warga sekitar,” kata Udik.

Menurutnya, karakter kampong kopi ini berada kawasan yang memiliki ciri khas tersendiri, sehingga dapat menciptakan, menyajikan, memberikan produk yang berkualitas. Disamping itu, memacu kreatifitas warga untuk meningkatkan sumber daya manusia, dan menciptakan kerjasama kawasan.

“Tentu yang paling penting adalah, dapat memberikan manfaat, meningkatkan ekonomi masyarakat, mengurangi pengangguran, dan memberdayakan masyarakat untuk menjaga lingkungan bersih, sehat serta aman,”ungkapnya. 

Udik mengungkapkan, berdirinya kampung kopi ditengah kota ini sebagai perpaduan potensi perkebunan kopi rakyat di sektor hulu. Sedangkan kota adalah sebagai hilirnya.

“Oleh karena itu, kita bersama masyarakat dengan segala keramahannya sangat antusias melayani para pengunjung menampilkan kesatuan integratif yang indah,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bondowoso, Sinung Sudrajad S,Sos saat di temui suara-publik.com mengatakan, selaku anggota DPRD sangat mengapreisasi giat kreatif tersebut, dan wajib untuk di support secara konkrit. Tentunya tidak setengah-setengah, apalagi di pandang sebelah mata, tentunya dibutuhkan sinergitas lintas sektoral.

“Ketika masyarakat sudah bergerak, stake holder mendukung maka pemerintahannya pun harus support,demi untuk mensukseskan kampung kopi yang ada di kota Bondowoso khususnya coffee Roastery pelita Bondowoso yang mas Udik dirikan,”tegasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku, sangat di sayangkan kalau semuanya diam. Karena penghasilan panen kopi di Bondowoso sangatlah melimpah setiap tahunnya dan tak kalah penting juga rasanya beda dari kebun kebun yang ada di Indonesia lainnya.

“Makanya, saya mengajak semua elemen masyarakat dan pemerintah untuk tidak ragu-ragu memberikan dukungan dan support kepada warga yang memiliki potensi, khususnya para pemilik café dikawasan Kampung Kopi Pelita ini,”ungkapnya. 

Sinung menambahkan, Kampung Kopi Pelita ini. merupakan destinasi yang berkarakter, memiliki ke khasan tersendiri. Bahkan ia memberi tantangan juga kepada teman-teman penggiat kopi untuk lebih memperkuat karakter yang sudah dimiliki tersebut, “Bisa atau tidak teman-teman mengolah kopi arabika ini dengan cara tradisional akan tetapi cita rasanya tetap Internasional ?,”pungkasnya.(*)

Sebelumnya Berdalih Kejar Uang Termin, Linggajati Dikemplang 1,2 Milyar.
Selanjutnya Sama-Sama Kerahkan Massa, Sidang Bonek VS PSHT Kondusif