Dalam Sepekan, Polrestabes Surabaya Beserta Polsek Jajaran Ungkap 40 Kasus.
Foto: Kombes Pol Rudi Setiawan saat berbincang dengan wanita pelaku Curanmor.

Dalam Sepekan, Polrestabes Surabaya Beserta Polsek Jajaran Ungkap 40 Kasus.

Laporan: Tom.

SURABAYA suara-publik.com - Selama sepekan sepanjang bulan Juli 2018, Satreskrim Polrestabes Surabaya beserta Polsek jajaranya berhasil mengungkap 40 kasus kejahatan jalanan, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian dengan pemberatan (curat) yang terjadi di wilayah Kota Surabaya.

Dari sejumlah kasus itu, sebanyak 65 tersangka berhasil diamankan, satu di antaranya ditembak kakinya. Perinciannya, curat 14 kasus, curas 20 kasus dan curanmor 6 kasus. 

Hal tersebut diungkapkan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan didampingi Kasubbag Humas beserta Kanit Reskrim Polsek jajaran kepada awak media di Mapolrestabes Surabaya, Senin (9/7/2018).

Dikatakan Rudi, kasus kejahatan jalanan menjadi atensi jajaran Polrestabes Surabaya untuk diperangi. Sebab, kejahatan jalanan, terutama curas, curanmor dan curat sangat mengganggu keamanan masyarakat. Pelaku jambret tak hanya merampas barang berharga tetapi juga membahayakan jiwa korban.

"Akibat perbuatan para pelaku ada beberapa masyarakat yang menjadi korban sehingga mengalami luka parah. Dengan begitu, kami akan menindak tegas pelaku curas yang telah meresahkan masyarakat," terang Rudi Setiawan.

Pengungkapan dan penindakan ini, ujar Kapolrestabes, untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat. Apalagi, dibulan Agustus 2018 Indonesia akan menjadi tuan rumah Sea Game 2018. "Kami melakukan pengungkapan dan penangkapan pelaku tiga C, curas, curat, dan curanmor serta kejahatan lain demi menciptakan keamanan bagi masyarakat Kota Surabaya aman dan kondusif,"pungkas Rudi.

Modus kejahatan curas ini, tutur Rudi memepet, melukai, dan merampas barang berharga milik korban. Kebanyakan para korban curas ini perempuan. Sedangkan pelaku curat sebagian besar memggunakam kunci palsu dan mencongkel jendela serta pintu. "Kami akan melakukan tindakan lebih tegas kepada para pelaku curas, curat dan curanmor ini karena telah meresahkan masyarakat," tegasnya.

Sebelumnya Berlabuhnya Kapal Dream Cruise, Gubernur Kepri Sambut Wisman Dengan Kuliner dan Tempat Bersejarah.
Selanjutnya 200 Anak Ikuti Bhaksos Sunatan Massal Dinkes Tanjungpinang.