Demi Memperlancar Pelayanan Desa, Sunarjis SP di Lantik Menjadi Sekdes Plosorejo.
Foto: Pelantikan Sekdes Plosorejo.

Demi Memperlancar Pelayanan Desa, Sunarjis SP di Lantik Menjadi Sekdes Plosorejo.

Laporan Herlina.

Blitar (suara-publik.com) Pengambilan sumpah dan Pelantikan Sekretaris Desa Plosorejo kecamatan Kademangan kabupaten Blitar telah di laksanakan beberapa hari lalu, dibalai desa Plosorejo.

Dalam acara ini dihadiri Camat Kademangan, Koramil, Polsek Kademangan, Babinkamtibmas, Kepala Fesa Plosorejo beserta perangkat desa, Ketua BPD dan LKMD, Ketua RT RW, penggerak PKK dan tokoh agama se desa Plosorejo.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di lanjutkan penandatanganan berita acara dan penyerahan SK kepada Sekdes terlantik.

Pelantikan dilakukan oleh Kepala desa Plosorejo Bejananta kepada Sekretaris Desa Plosorejo Sunarjis SP.

Pelantikan Sekdes ini berdasarkan Undang-undang desa no 06 tahun 2014 , PP Mendagri no 43 thn 2014 disempurnakan PP Mendagri no 47 thn 2015 kemudian dilanjutkan Mendagri no 141 thn 2017 . Dan perda no 06 thn 2016 tentang pemerintah desa dan perbup no 09 thn 2017 tentang pedoman pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Sekretaris desa Plosorejo Sunarjis, SP saat dikonfirmasi mengatakan ," sekdes PNS kalau masih mau menetap di desa harus mendapat izin Bupati atau pembina kepegawaian. Karena kami memilih menetap di desa maka harus mendapat izin Bupati, namun demikian Bupati harus ada permohonan dari Kepala Desa dan BPD.

Terkait itu kami sudah mendapat izin Bupati. Sebagai PNS berhenti sementara dan kami di desa sebagai perangkat desa, hak hak kami sebagai PNS berhenti sementara. Kami lebih memilih menetap kedesa demi kestabilan desa.

Menurut BPD kami masih di butuhkan untuk mengawal kegiatan desa, ini merupakan permohonan kepala desa dan BPD untuk mempertahankan kami sebagai perangkat desa tetap demi kelancaran pelayanan pemerintah desa ," jelasnya.

Disisi lain Kepala Desa Plosorejo Bejananta menambahkan, sekdes mengajukan izin ke Bupati dan mendapat persetujuan dari BPD dan Kepala desa merekomendasi, akhirnya tgl 27 Desember izin Bupati Blitar sudah turun dan pak Camat menemui saya agar secepatnya melantik sekdes menjadi perangkat desa dan hak hak nya seperti semula, pelantikan berjalan lancar dan sukses, jelas nya

Sebelumnya Duplik Klemens: Replik JPU di Duga Ada Kebohongan di Kasus Sipoa.
Selanjutnya Gabungan Aktivis Anti Korupsi, Desak Kapolda Turun Tangan Tuntaskan Dugaan Korupsi Trilyunan di YKP-KMS.