Diambil Alih Sekda, Mobdin Kadis PUPR di Soal LSM Jack Center.
Mobdin X-Trail Kadis PUPR yang di Ambil Alih Sekdakab Bondowoso.

Diambil Alih Sekda, Mobdin Kadis PUPR di Soal LSM Jack Center.

Dilaporkan oleh : Hery Masduki

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Pengadaan mobil  Dinas X-Trail tahun 2017 oleh dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bondowoso, hingga saat ini masih terus disoal. Pasalnya, mobil dinas tersebut peruntukannya untuk Dinas PUPR. Namun, faktanya, mobil tersebut diambil oleh Sekda.

Kajadian pengambilan alih mobil dinas PUPR tersebut untuk yang kedua kalinya, setelah sebelumnya pengadaan mobil Dinas Innova juga, dikuasai oleh sekda, (Hidayat). 

Direktur Exsecutif LSM Jack Centre, Jawa Timur, Agus Sugiarto, mengungkapkan, mobil dinas X-Trail PUPR yang dikuasai oleh Sekda tersebut, sudah menyalahi aturan. Sebab, pengadaan mobil itu tidak masuk wilayah kesekretariatan.

“Ketika mobil itu mengalami kerusakan, biaya pemeliharaan masih menggunakan anggaran dari PUPR, ini yang harus dipahami,”kata Agus. Menurutnya, secara prosedur Jack Centre telah mengadukan kasus ini kepada menteri Keuangan, Mendagri dan Menpan-RB, terkait proses pelaksanaan pengadaan mobil operasional dinas OPD PUPR. 

Kata dia, untuk pengadaan mobil tersebut dana berasal dari insentif DAK tahun anggaran 2016 melalui program P2D2 ( proyek pemerintah daerah dan Desentralisasi)  Kementrian keuangan RI. “Pengadaan mobil tersebut di laksanakan tahun 2017. Oleh karena itu, secara prosedur administrasi sehingga kami minta klarifikasi kepada menteri agar mengevaluasi penggunaan mobil operasional dinas PUPR yg di pakai sekda itu,”tegasnya.

Disisi lain, sambung Agus, pihaknya juga menunggu klarifikasi tanggapan dari badan pemeriksa keuangan (BPK-RI), sebagai dasar apakah itu ada dugaan potensi kerugian keuangan negaranya.  “Dan kami juga meminta kepada Komisi 3 DPRD Bondowoso untuk segera memberikan telaah komisi dan rekomindasi kepada Bupati untuk menyelesaikan mobil dinas tersebut,”imbuhnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah pemkab Bondowoso, Hidayat, belum bisa dikonfirmasi, terkait pengambilan mobil Dinas PUPR tersebut. Diduga kuat, Sekda Hidayat sengaja menghindar dari wartawan. Bahkan, sejumlah wartawan yang datang ke kantornya untuk konfirmasi, tapi Sekda selalu dibialng tidak ada.(*)

Sebelumnya Akibat Kecanduan Narkoba, 3 Pemuda Masuk Penjara.
Selanjutnya Hajar Istri Sendiri, M. Soleh di Tahan.