Dinas PMPTSP dan Naker Bondowoso Gelar Pelatihan Berbasis Masyarakat, Selama 15 Hari
Foto: Suasana Pembukaan pelatihan Dinas PMPTSP dan Naker Bondowoso.

Dinas PMPTSP dan Naker Bondowoso Gelar Pelatihan Berbasis Masyarakat, Selama 15 Hari

Laporan : Redaksi.

BONDOWOSO, (Suara-Publik.Com) – Untuk yang pertama kali ditahun 2019, Pemerinta Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Bondowoso, menggelar kegiatan pelatihan berbasis masyarakat.

Yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan keterampilan kepada masyarakat. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk upaya dari pihak pemerintah kabupaten Bondowoso, yang diharapkan kedepan menjadi awal dari peningkatan kesejahteraan melalui pelatihan, yang dilaksanakan di UPT Pelatihan Kerja Bondowoso.

Selain itu, pelatihan tersebut diharapkan mampu untuk, memberikan bekal ketrampilan kepada pencari kerja dan pemuda putus sekolah dan sekaligus menumbuhkan etos kerja dengan program pelatihan yang disusun secara sistematis dengan berpedoman pada prinsip – prinsip pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia sekaligus dapat membuka lapangan pekerjaan.

Kepala DPMPTSP dan Tenaga Kerja, kabupaten Bondowoso, Purno Winardi,S,Sos, mengemukakan, dalam menghadapi perkembangan dan tantangan yang semakin kompetitif, dibutuhkan keahlian yang dapat menjadi modal dalam pengembangan kegiatan ekonomi. Menurutnya, banyaknya calon tenaga kerja yang masih belum terserap di pasar kerja sektor formal, merupakan tantangan yang harus ditindaklanjuti dengan pengembangan penempatan tenaga kerja terampil di sektor informal khususnya usaha disektor mikro.

“Untuk itu, kegiatan pelatihan ini dapat memberikan sumbangsih kepada para peserta agar dapat dimanfaatkan seluas-luasnya bagi pengembangan kemampuan agar nantinya dapat terus dikembangkan sehingga rintisan usaha mikro dapat terus berkembang,”kata Purno Winardi, usai membuka pelatihan, Kamis, (10/1/2019) kemarin.

Lebih jauh Purno mengungkapkan, program pelatihan yang dilaksanakan, ada 4 kegiatan pelatihan yang dimulai sejak tanggal 10 s/d 25 Januari Tahun 2019 dengan tahapan sebagai berikut, program pelatihan instalasi, diikuti 213 peserta, program Prossesing Goremngan, diikuti 100 peserta, Program Prossesing Kue Kering, diikuti 57 orang, dan progran Pembuatan Tape Ungu diikuti 20 orang.

100%

“Kita sangat berharap kepada semua peserta yang hadir pada pelatihan ini, agar dapat menyerap ilmu yang telah diberikan oleh narasumber, sehingga kedepan dapat meningkatkan kemampuannya untuk menjadi pengusaha mikro,”pintanya.

Selain itu, Kadis PMPTSP dan Naker, menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas kehadiran para 390 peserta yang telah hadir dalam acara ini. Sehingga pelatihan ini dapat memberika manfaat untuk semua peserta. “Alhamdullillah, peserta Pelatihan berebasis Masyarakat tahun 2019 ini, telah resmi kami buka, dan semoga upaya pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk meningkatkan tarap ekonomi masyarakat melalui pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua,”imbuhnya.

Sebelumnya Terkait Keamanan Wilayah, Kapolrestabes Surabaya Puji Polsek Sawahan.
Selanjutnya Setyo Budi Sebut, Minimnya Gedung Pelayanan Dispenduk Capil Jadi Hambatan.