Dispenduk Capil Akui Temuan Timses Paslon Sabar Tak Lebih 20.000 e-KTP.
Foto: Muhammad Tamin.

Dispenduk Capil Akui Temuan Timses Paslon Sabar Tak Lebih 20.000 e-KTP.

Dilaporkan oleh : Mahfud Susyanto

BONDOWOSO, suara-publik.com - Terkuaknya temuan e-KTP ganda oleh Tim Sukses (Timses) pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso, atau yang paling akrab disebut Sabar, beberapa waktu yang lalu akhirnya pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) mengklarifikasi hasil temuan tersebut.

Kepada sejumlah wartawan, Kadispenduk Capil Bondowoso, Muhammad Tamin, mengatakan, bahwa temuan Timses Sabar tersebut hanya berkisar 20 ribuan.

Dengan demikian, pihak Dispenduk Capil langsung melakukan pendataan dan melaksanakan perekaman disetiap desa se-Kabupaten Bondowoso, sejak awal bulan April ini. “Jadi setiap hari kita menjemput bola untuk melakukan perekaman, di masing-masing kecamatan dan desa,”kata Tamin.

Menurutnya, dari hasil perekaman e-KTP setiap harinya bisa mencapai 200 hingga 300 orang perhari. Tamin meyakini jika temuan Timses itu tidak melebihi dari yang telah disebutkan. “Kita ingin menepis anggapan itu dan meng-input ulang dengan melakukan percepatan perekaman kepada warga yang masih belum mempunyai e-KTP,”tegasnya.

Lebih jauh Tamin mengungkapkan, persoalan temuan data yang invalid itu sangat berbeda data di Dispenduk Capil. Bahkan, kata Tamin sangat tidak mungkin kalau data yang invalid sebanyak itu.

Karena menurut dia, ketika melakukan perekaman e-KTP tidak mungkin akan terbit dua KTP ganda. Sebab pedomannya adalah NIK, karena NIK itu hanya sekali itu saja, meskipun mau merekam KTP beberapa kali tidak akan menjadi KTP lagi.

Ya, mungkin saja pada saat melakukan pencocokan pemilih tetap (Coklit) itu petugas yang ada dilapangan melakukan pendataan dua kali. Tapi kalau masalah ganda itu sangat tidak mungkin,”imbuhnya.(*)

Sebelumnya Gubernur Kepri Sampaikan LKPJ Pada DPRD
Selanjutnya Pencuri Baju Spesialis Mall, Dilibas Polisi