Ditemukan Unsur Kelalaian, Nasib Sucipto di Tangan Bawaslu Bondowoso.
Foto: Sucipto saat dimintai keterangan.

Ditemukan Unsur Kelalaian, Nasib Sucipto di Tangan Bawaslu Bondowoso.

Laporan : Taufi Hidayat

BONDOWOSO, (Suara-Publik.Com) - Panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) Kecamatan Wringin akhirnya melimpahkan dugaan pelanggaran pemilu oleh oknum guru yang bersatus Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Bawaslu Kabupaten Bondowoso.

Hal itu dilakukan, setelah dilakukannya pemeriksaan terhadap beberapa saksi atas adanya akun WA bernama Sucipto yang diduga seorang guru SDN 4 Banyuwulu berstatus ASN diketahui mengunggah ke grup WA berupa foto salah satu calon legislatif DPRD Bondowoso, lengkap dengan nomor urut dan parpolnya, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Setelah kami melakukan pemeriksaan beberapa saksi, hari Kamis kemarin berkasnya sudah kami limpahkan kepada Bawaslu kabupaten untuk ditindaklanjuti,” ungkap Ketua Pawascam Wringin, Abdulbari, Jumat (19/10/2018).

Diceritakan Abdulbari, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan ternyata Sucipto memang seorang guru agama di SDN 4 Banyuwulu dan berstatus ASN. Namun dari dugaan pelanggaran yang ditemuakan, ia mengaku hanya menemukan unsur kelalaian saja. “Sucipto tidak merasa mengunggah gambar itu namun melainkan istrinya. Sehingga jika dibilang tidak ada pelanggaran belum tentu, karena ada kelalaian disana,” imbuhnya.

Dilain pihak, Ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Fricas Abdillah saat dihubungi beberapa kali oleh Suara Publik melalui ponselnya tidak merespon. Sebagaimana diketahui, melalui surat edaran Bupati Bondowoso tentang himbauan penegakan netralitas ASN dan Kepala Desa menyebutkan untuk menghindari pelanggaran netralitas ASN baik dalam bentuk dukungan berupa keterlibatan secara langsung untuk tidak langsung ikut serta dalam politik praktis.

Sebelumnya Ribuan Jamaah Sambut La Nyalla, Saat Hadiri Haul Habib Husien Bani Kulon Probolinggo.
Selanjutnya Oknum Guru SD, Akui Anaknya yang Posting Foto Caleg.