Diterpa Hujan Deras, Wabub Irwan Turut Ramaikan Pawai Imlek SDK Bondowoso.
Foto: Rangkaian Pawai Imlek SDK Bondowoso.

Diterpa Hujan Deras, Wabub Irwan Turut Ramaikan Pawai Imlek SDK Bondowoso.

Laporan : Guido Saphan

BONDOWOSO, (Suara-Publik.Com) - Meski diterpa gujan deras mengguyur perayaan Imlek yang digelar Sekolah Dasar Katolik Indra Siswa (SDK Insis) Bondowoso dalam bentuk Pawai Budaya Imlek 2019 dengan tema Berbeda Itu Indah pada Sabtu sore (9/2/2019).

Namun, kondisi ini tidak menyurutkan siswa-siswi SDK Insis serta SMP Katolik (SMPK) Indra Prastha dan TK Katolik (TKK) Indra Rini yang mengenakan baju Imlek Cheongsam dan Changshanmayoritas warna merah mengikuti pawai berjalan kaki mengitari sejumlah jalan raya di Kota Bondowoso.

100%

Bahkan, Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso Irwan Bachtiar Rachmat yang membuka kegiatan ini, tetap semangat memeriahkan Pawai Budaya Imlek SDK Bondowoso dibawa guyuran hujan deras.

Wabup Irwan didampingi Penjabat (Pj) Sekda Agung Tri Handono, Dandim 0822 Letkol Inf.Tarmuji, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Harimas, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Harry Patriantono, serta Kapolsek Kota AKP Yunaryanto, naik dokar mengitari jalan rute pawai budaya.

Sebelum melepas peserta pawai di depan pintu gerbang SDK Insis, Wabup Irwan mengatakan, sangat mendukung Pawai Budaya Imlek 2019 yang digelar SDK Insis dalam merayakan Imlek di Bondowoso pada tahun ini. ”Kegiatan sangat baik dan saya sangat mendukung. Karena, kegiatan ini mendidik dan mengenalkan kepada anak-anak tentang kebersamaan dalam keberagaman.

Sehingga, saya berharap kegiatan ini bukan hanya menampilkan budaya dan seni Barongsai saja, tapi dipadukan budaya dan seni Bondowoso serta daerah lain,” katanya.

Kepala SDK Insis Suster Bernadine, SPM menyampaikan terima kasih mendalam kepada Wabup Irwan, Dandim 0822, Kapolres Bondowoso, dan para pejabat pemkab setempat yang berkenan hadir menyemarakkan pperayaan Imlek yang digelar SDK Insis dalam bentuk Pawai Budaya Imlek 2019.

Dia menjelaskan, pawai budaya ini bertujuan mendidik dan mencetak siswa-siswi generasi masa depan yang menjunjung tinggi kerukunan dan kebersamaan dalam keberagaman suku bangsa, adat istiadat, dan budaya dalam masyarakat.

”Harapan kita, mereka kelak bisa menciptakan kehidupan serasi, nyaman, dan bersatu dalam keberagaman budaya,” jelasnya.

Pawai Budaya Imlek 2019 ini diikuti sedikitnya 400 siswa-siswi SDK Insis, SMPK Indra Prastha, dan TKK Indra Rini Bondowoso. Dimeriahkan kesenian Tionghoa, Barongsai dan Naga Liang Liong, serta seni tradisional khas Bondowoso, Singo Ulung dan  Musik Patrol.

Seluruh peserta pawai dilepas dari depan SDK Insis Jl, Letnan Sudiono. Kemudian, dengan guyuran hujan deras berjalan kaki dan menari mengitari Jl. Mayjen Sutoyo, Jl. A. Yani, Monumen Gerbong Maut Jl. Amir Kusman, jalan depan Lapas, Jl. PB. Sudirman, Jl. Teuku Umar, Jl. RE Martadinata, dan kembali  ke SDK Insis.

Sebelumnya Perampas Sepeda Motor Asal Wonokusumo, di Bekuk Polrestabes Surabaya.
Selanjutnya Wabup Irwan Inginkan Perayaan Imlek, Jadi Even Tahunan Beragam Budaya dan Seni Khas Bondowoso.