Dukung Pendidikan Gratis, Wabup Irwan Launching Aplikasi E-Beca.
Foto: Wabup Irwan Bachtiar Rahmat melanuching perpustakaan digital melalui Aplikasi E-Beca yang digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Bondowoso, Kamis pagi kemarin (16/5).

Dukung Pendidikan Gratis, Wabup Irwan Launching Aplikasi E-Beca.

Laporan Guido Saphan.

BONDOWOSO, (suara-publik.com) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Bondowoso memenuhi janjinya me-launching perpustakaan digital melalui Aplikasi Elektronic Bendebesah Catalog (E-Beca) pada Mei ini. Launching Aplikasi E-Beca yang memanfaatkan teknologi invorasi komputer jaringan internet, ini dilakukan langsung Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rahmat dengan pemukulan gong di kantor Disperpusip Bondowoso, Kamis pagi (16/5/2019).  

Kepala Disperpusip Bondowoso, Karna Suswandi yang mendampingi Wabup Irwan melakukan pemukulan gong mengatakan, inovasi membuat perpustakaan digital melalui Aplikasi E-Beca untuk meningkatkan minat baca masyarakat Bondowoso, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. ”Tapi, lebih penting lagi, Aplikasi E-Beca untuk mendukung visi dan misi Bupati dan Wabup Bondowoso menuju Bondowoso Melesat, utamanya pendidikan gratis,” katanya.   

Karena, dengan adanya inovasi membuat perpustakaan digital melalui Aplikasi E-Beca, sambung Karna, akan memudahkan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Bondowoso secara umum mengakses buku-buku sesuai kebutuhan secara gratis di Perpustakaan dan Kearsipan Bondowoso. ”Ini untuk mendukung pendidikan gratis di Bondowoso.

Kenapa begitu, karena kalau pelajar dan mahasiswa masih dibebani literatur yang ada dan harus membeli buku, ini kan namanya belum pendidikan gratis. Makanya, kita buat inovasi Aplikasi E-Beca ini,” jelasnya.  

Pembuatan perpustakaan digital melalui Aplikasi E-Beca tersebut, menurut Karna, didasari pemikiran pelajar, mahasiswa, dan masyarakat tidak harus datang ke perpustakaan daerah untuk membaca buku. Tapi, untuk memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat membaca buku dengan memanfaatkan jaringan internet melalui Aplikasi E-Beca. ”Sehingga, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat di Bondowoso bisa mengakses buku-buku di perpustakaan daerah dari jarak jauh sesuai buku yang dibutuhkan dan tidak harus datang ke perpustakaan daerah,” terang mantan Kepala Dinas PUPR, Plt.Sekda, dan  Pjs. Bupati Bondowoso ini.  

Wabup Irwan usai melaunching memberikan apresiasi atas inovasi pembuatan perpustakaan digital melalui Aplikasi  E-Beca oleh Disperpusipo Bondowoso. Karena, dengan adanya Website atau Aplikasi E-Beca, kata dia, merupakan terobosan di era digitalisasi dalam memudahkan pelayanan minat baca kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat di Bondowoso. ”Kita tidak lagi secara konvensional membeli buku dalam jumlah banyak, tapi cukup mendownload beberapa literasi atau buku di perpustakaan daerah. Ini lebih memudahkan pelajar SD, SMP, SMA, serta mahasiswa dan masyarakat untuk membaca dari jarak jauh,” jelasnya.  

Karena itu, Wabup Irwan berharap launching perpustakaan digital melalui Aplikasi E-Beca ditindaklanjuti dengan memperbanyak jumlah buku sesuai kebutuhan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Bondowoso saat ini. ”Pemkab Bondowoso tentu men-support anggarannya. Sehingga, jumlah buku yang dimasukkan Aplikasi E-Beca makin banyak dan membantu pelajar, mahasiswa, dan masyarakat membaca buku yang diinginkan mereka,” ungkapnya.  

Launching perpustakaan digital melalui Aplikasi E-Beca dihadiri sejumlah kepala OPD dan kepala bagian serta camat di lingkup Pemkab Bondowoso. Juga, hadir sejumlah kepala SD, SMP, dan SMA/SMK serta siswa SD, SMP, dan SMA/SMK di Bondowoso.

Sebelumnya Sinung Sudrajat Sesali, Situs Megalitikum Yang di Gusur.
Selanjutnya Unit Pidek Polrestabes Surabaya, Gagalkan Pengiriman Jamu Herbal Binaraci Tanpa Ijin Edar.