Exponen 99 Segera Bertemu Yusril Ihza Mahendra, Untuk Mengungkap Persoalan Hukum di Bondowoso.
Foto: Drs. H. Samsul Hadi

Exponen 99 Segera Bertemu Yusril Ihza Mahendra, Untuk Mengungkap Persoalan Hukum di Bondowoso.

Laporan : Hery

BONDOWOSO, suara-publik.com - Dalam waktu dekat ini pejuang reformasi tahun 99, atau yang diekanal dengan Exponen 99, berencana akan mendatangkan pakar hukum tata negara ke Bondowoso. 

Hal itu dilakukan karena banyak warga masyarakat Bondowoso mengalami tindakan hukum dari berbagai elemen masyarakat. Pasalnya, di Bondowoso sudah terbentuk forum exponen 99, yang diketuai oleh Drs.H.Samsul Hadi.

Drs,H,Samsul Hadi mengemukakan, bahwa exponen 99 ini adalah forum komunikasi dari sejumlah tokoh yang peduli pada waktu reformasi ditahun 1999. Sehingga, dari hasil pertemun nanti ada titik terang bagi warga masyarakat bondowoso yang selama ini mengalami tindakan hukum.

“Nah, para penggerak reformasi ini, atau yang paling dikenal exponen 99 ini akan mendatangkan Profesor Yusril Iza Mahendra ke Bondowoso, dalam rangka menggali informasi kepada masyarakat yang hak-haknya terampas,”kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini. 

Exponen 99 ini, kata Samsul Hadi, bekerjasama dengan Partai Bulan Bintang (PBB). Dan secara kebetulan Profesor Yusril mengadakan road show kebeberapa daerah di Jawa Timur, khususnya di Bondowoso.

“Insya Allah, sebelum puasa ini para pejuang exponen 99 akan bertemu dengan Profesor Yusril,”katanya. 

Acara tersebut, untuk mengadopsi kepentingan masyarakat Bondowoso, yang membutuhkan perlindungan hukum, sehingga berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dapat disampaikan kepada Profesor Yusril.

“Entah itu masalah tanah, masalah pelayanan dan lain-lain, karena beliau ini dikenal sebagai pakar hukum tata negara, yang mampu mengungkap berbagai persoalan yang terjadi di Bondowoso,” tegasnya. 

Selain itu, Yusril juga banyak melakukan pendampingan hukum kepada masyarakat, hak-haknya terindikasi di marjinalkan, sehingga kemudian ada pemecahan dan solusi dari Profesor Yusril. “Karena selama ini banyak masyarakat yang berkeluh kesah menyampaikan masalah-masalah kepada saya, terkait dengan masalah hukum dan tanah negara (TN) yang sudah dikuasai oleh pihak ke 3. 

Sehingga nantinya ada jalan keluar,”ucap Ketua Komisi III DPRD Bondowoso ini. Menurutnya, dalam pertemuan nanti, tidak menutup kemungkinan dalam pertemuan nanti akan mengungkap kasus tanah negara yang selama puluhan tahun dikelola oleh masyarakat.

Namun, akhirnya diserahkan kepada pihak ke 3, tanpa memberikan solusi yang jelas. “Padahal, sebetulnya masyarakat mempunyai hak untuk mengajukan permohonan kepada pemerintah. Tapi oleh pemerintah diberikan kepada orang lain,”kata mantan Dewan Syuro PKB ini. 

Jika kemudian terbukti ada perampasan hak terhadap masyarakat, pihak exponen 99 bersama Profesor Yusril akan melakukan pendampingan, baik terkait masalah hukum pidana, maupun hukum tata negara. “Mudah-mudahan dengan pertemuan nanti akan ada solusi yang berpihak kepada rakyat Bondowoso, dan tentunya segala sesuatunya kita serahkan kepada Profesor Yusril,”imbuhnya.

Sebelumnya Kerja Sama Tim Samsat Krian, Wujudkan Pelayanan Prima.
Selanjutnya Puluhan Wartawan Kecewa, Dilarang Meliput Kehadiran Prabowo di Prigen.