Hari Ini Desa Sidokumpul, Bagikan BLT-DD

Hari Ini Desa Sidokumpul, Bagikan BLT-DD

Gresik, suara-publik.com - Pemerintah Desa Sidokumpul, Kecamatan Bungah Kabupten Gresik menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT Dana Desa), senin (18/5).

Kepala Desa Sidokumpul, Ahmad Ashar mengatakan, menindak lanjuti Peraturan Menteri Desa PDTT, tentang perubahan pioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2020. Hari ini kami pemerintah desa menyalurkan bantuan BLT ke masyarakat 103 KK, satu KK mendapatkan 600,000 untuk tahap pertama bulan April.

Ashar juga menjelaskan bantuan yang dibagikan bersumber dari Dana Desa, disalurkan kepada keluarga yang memang layak mendapatkan bantuan BLT akibat dampak Pandemi Virus Corona (Covid-19) Bantuan 600 ribu tunai kepada warga terampak Covid-19 bukan kali ini saja, melaikan BLT dana desa ini akan dilakukan setiap bulannya selama tiga bulan kedepan.

"Penerima BLT mereka adalah yang terlebih dahulu ditetapkan melalui musyawarah dan evaluasi desa, dan tidak menerima bantuan program keluarga harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)”, Jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, bantuan ini sebagai salah satu bentuk penanganan terhadap warga yang terdampak Covid-19. "Muda-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat, terutama yang terdampak Covid-19 dalam menghadapi persoalan ekonomi”, Jelasnya.

Kepala Desa yang baru dilantik September tahun lalu ini menghimbau warga agar jangan berkerumun dan mengunakan masker, guna memutus penyebaran mata rantai virus corona.

Ini sangat penting berhubung dengan adanya pembagian BLT jangan sampai warga berkerumun karena tidak sabar menunggu gilirannya. "Masyarakat juga harus mentaati himbauan pemerintah dan maklumat Kapolri”, Tuturnya.

Sementara itu, tak lupa Ashar intens menyampaikan, selain pemberian bantuan langsung tunai dalam upaya pencegahan covid-19 ini dapat meringankan masyarakat, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pihaknya sudah melakukan upaya rutin penyemprotan desinfektan, pembagian masker kepada warga, alat cuci tangan dan pembagian sembako kepada warga, di iringi terus melakukan sosialisasi imbauan pemerintah pusat seperti Social Distancing / Physical Distancing.

"Kita semua berharap kepada semua pihak agar sama-sama berpartisipasi untuk melakukan monitoring /pendataan kepada warga masyarakat setempat dengan tetap memperhatikan kesiapan APD dan menghimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker jika keluar rumah”, Pungkasnya.(Wahyu/Imam).

Sebelumnya H-7 JPS Belum Cair, DPPKAD-Dinsos Saling Klaim.
Selanjutnya Penyerahan BLT-DD, Mulai Bergulir di Pemdes Dungus Cerme Gresik.