Hari Pers, Persatuan Jurnalis Indonesia Bagi Bagi Sembako

Hari Pers, Persatuan Jurnalis Indonesia Bagi Bagi Sembako

Laporan Mulyono.

Surabaya (Suara Publik.com) - Dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) menyelenggarakan bakti sosial dengan membagikan ratusan paket sembako kepada warga miskin diwilayah Kelurahan Sidosermo Surabaya. 

Adapun kegiatan bakti sosial (baksos) yang diselenggarakan di Pendopo Kantor Kelurahan Sidosermo ini berjalan lancar. Dan para penerima paket baksos rela berdesak desakan guna untuk mendapatkan pembagian paket sembako tersebut. 

Dalam penyelenggaraan baksos ini,  kami juga turut berbagi rasa dan berbagi rejeki pada saudara-saudara kami yang kurang mampu terutama di wilayah Kelurahan Sidosermo," ujar Ketua Umum PJI, Hartanto Boechori seusai peberbagian sembako pada, Minggu (11/3/2018). 

Dihadapan para undangan yang hadir, pria yang akrab disapa Boechori ini kembali mengingatkan agar jurnalis maupun semua masyarakat, tidak mau dibodohi oleh pembuat berita hoax.

“Karena dengan menyebarkan hoax, sama dengan kita memberi angin segar kepada pembuatnya," pungkas Boechori. Selain berita hoax, lanjut Boechori,  sebenarnya masih ada “tulisan sampah”. Opini yang menyesatkan, yang oleh pembuatnya diberi roh setan, seolah-olah suatu kebenaran.

"Anggota PJI harus mematuhi KEJ atau Kode Etik Jurnalistik dan selalu memferivikasi kebenaran suatu informasi. Tidak asal dapat info langsung ditulis," Tuturnya.

Sementara itu, Jentar Sitinjak, selaku Ketua Panitia sekaligus Humas PJI mengatakan, ratusan paket sembako tersebut digalang dari anggota PJI sendiri dan mitra kerja PJI yang terdiri atas Kapolda Jatim, Direktur Reskrimsus Polda Jatim, Direktur Resnarkoba Polda Jatim, Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, Kapolrestabes Surabaya, Kanit Reskrim Polrestabes Surabaya, Kanit Reskoba Polrestabes Surabaya, Jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Kasipidum Kejaksaan Negeri Surabaya, Kasipidsus Kejaksaan Negeri Surabaya, serta beberapa Jaksa dari Kejari Surabaya, Ketua Pengadilan Negeri Surabaya, dan beberapa Hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Kepala BNNK Surabaya, beberapa Advokad serta masyarakat umum.

Berkisar 400 paket sembako yang kami bagikan dan kami ucapkan terima kasih pada mitra kerja yang sudah mau ikut berbagi rasa pada warga miskin di Sidosermo ini," terang jentar Sitinjak. 

Kegiatan baksos ini, lanjut Jentar, merupakan program rutin dari PJI yang diagendakan "Setiap tahun kami lakukan kegiatan ini," sambungnya.

Pembagian ratusan sembako ini dihadiri Gubernur Jatim diwakili Deasy/Humas Protokol Pemprov Jatim. Pangdam V Brawijaya diwakili Aster Kasdam V/Brawijaya Kolonel Czi Wahyono. Kapolda Jatim diwakili Bid Humas Polda Jatim Kompol Sutrisno dan Direktur Lantas Polda Jatim yang diwakili Kompol Budi Adi. Kapolrestabes Surabaya diwakili AKP Sutrisno Tri Humas Polrestabes Surabaya. BNN Provinsi Jatim diwakili M. Satriyono. 

Selain itu, Hadir pula Kyai Ndresmo (Sidosermo) Kyai Haji Mas Ahmad Nasrohuddin, Kapolsek Wonocolo Kompol Budi Nurtjahjo, SH, MKn, Wakapolsek, Ipda Wasis Kanit Babinkamtibmas Polsek Wonocolo, Ipda Agus Priyono Kanit Intelkam Polsek Wonocolo beserta anggota, Wahyu dan Hendra. Danramil 0832/07 Wonocolo Mayor Arh Suwanto, Wadanramil Kapten Inf Widodo dan Babinsa Sidosermo Koptu Sigit H.dan Satpol PP Kecamatan Wonocolo...(Mul).

Sebelumnya Simpan Sabu di Kamar Hotel, 2 Pria Ini di Grebek Polisi.
Selanjutnya Disidangkan, Marketing Narkoba Dapat Honor 80.000/Hari.