Hari S, Pelaku Penipuan Toko Bangunan di Gulung Tim Gabungan Polresta Pasuruan.
Foto: Hari Susanto alias Imron saat digelandang Petugas dari Polresta Pasuruan.

Hari S, Pelaku Penipuan Toko Bangunan di Gulung Tim Gabungan Polresta Pasuruan.

Laporan: Iwan Dayat.

Pasuruan suara-publik.com - Tim gabungan Resmob timur, Resmob barat dan Polsek Nguling berhasil mengungkap kasus perkara penipuan atau penggelapan disertai pemerasan dengan ancaman kekerasan.

Berdasarkan LP nomor : LP/155/VII/2018/Jatim/Res Pas Kota, tgl 10 Juli 2018 pelapor adalah Waras pemilik Toko Bahan Bangunan UD JAYA jl Sulawesi No 3 Kel Trajeng Kec Panggungrejo Kota.

Dalam laporannya Waras 58 tahun membeberkan kejadian yang menimpa dirinya. Hari Sabtu tanggal 7 Juli 2018 sekira pukul 10.00 wib. Toko nya kedatangan pembeli yang mengaku bernama Imron yang tak lain adalah Hari Susanto bin Karjo. 34th, Petani Alamat Dsn Babatan Rt/Rw 02/02 Desa Sanganom Kec. Nguling Kab. Pasuruan

Imron membeli semen merah putih sebanyak 100 sak, besi SNI ukuran 6 sebanyak 150 lonjor, dan besi SNI ukuran 8 sebanyak 150 lonjor. Dengan kesepakatan barang dibayar setelah sampai dirumah dan pengakuan Waras, bahan bangunan digunakan utk pembangunan Masjid sehingga oleh Waras diberikan potongan harga.

Kemudian bahan bangunan yg dibeli terlapor dikirim ke Ds Sumberdawesari sesuai permintaan terlapor. Sesampai di dusun Sumberdawesari Kec Grati sopir yang mengirim bahan bangunan, diajak ke Ds Sanganom sesampai di Ds Sanganom Kec Nguling Kab Pasuruan sopir disuruh memindahkan bahan bangunan ke truk.

Detelah itu sopir disuruh menunggu uang disebuah rumah dan tersangka berkata akan kembali untuk mengambil uang pembelian bahan bangunan namun tersangka tidak kembali. Karena sudah berniat melakukan penipuan kemudian barang hasil kejahatan dijual oleh tersangka dengan harga Rp.10.000.000,-.

Akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian Rp 14.125.000.

Tim Gabungan bentukan Kasat Reskrim Polresta Pasuruan AKP Arum Sari segera memburu pelaku. Akhirnya pelaku pun disergap tanpa perlawanan. Barang bukti : 1 (satu) lembar nota pembelian yg dikeluarkan toko UD JAYA.

Kasat Reskrim Polresta Pasuruan menyatakan, pihaknya akan menyekidiki dan mengembangkan kasus ini mungkin akan ada tersangka lain. Sebab selain perkara diatas, pelaku juga melakukan tindak pidana yang sama sebanyak 7 kali dengan tkp yang berbeda diwilayah hukum polres pasuruan kota.

Sebelumnya Pengecer Cokot Pengepul Togel, Sutrisno di Ringkus Aparat.
Selanjutnya Wakil Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin Sambut Pembawa Api Asian Games.