HUT Kota Pasuruan ke 332, Walikota Resmikan 10 Proyek Anggara 2017.

HUT Kota Pasuruan ke 332, Walikota Resmikan 10 Proyek Anggara 2017.

Laporan Iwan Dayat.

Pasuruan Suara Publik. Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan ke 332 tahun 2018, Walikota Pasuruan meresmikan Gedung / Kantor hasil pembangunan tahun anggaran 2017. Peresmian Gedung / Kantor dilaksanakan dan dipusatkan di Halaman Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan jalan Panglima Sudirman Nomor 28 Pasuruan.

Perlu diketahui beberapa proyek pembangunan gedung di Tahun Anggaran 2017 yang diresmikan ada 10 macam antara lain Gedung Kesenian Darmoyudo, Pembangunan Pendopo Surga Surgi, Gapura, Ruang Rapat Mbah Slagah dan penataan landscape rumah dinas Walikota, Pembangunan Gedung Perpustakaan Umum, Pembangunan Masjid Al Muttaqin Pemerintah Kota Pasuruan, Pembangunan Gedung Kantor Kecamatan Panggungrejo, Pembangunan Gedung Kantor Kecamatan Bugul Kidul, Penataan Landscape Depan GOR/pembangunan taman jam Agung GOR Untung Surapati, Pembangunan Gedung Farmasi, Pembangunan Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Pasuruan dan Rehab Gedung Eks Cabang Dinas Pendidikan.

Dalam kesempatan ini hadir Wakil Walikota Pasuruan, DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala BUMN/BUMD, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, ulama, Kyai, habaib, tokoh masyarakat serta undangan lain.

“ Pembangunan Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Pasuruan menelan biaya Rp. 2.758.244.000,-, Pembangunan Masjid Al Muttaqin Pemerintah Kota Pasuruan menelan biaya Rp. 1.403.965.000,-. Pembangunan Gedung Perpustakaan Umum menelan biaya Rp. 3.389.754.000,-. Rehab Gedung Eks Cabang Dinas Pendidikan (kantor bersama) Kadin, MUI, Baznas, Dewan Masjid menelan biaya Rp. 1.047.200.000,- Pembangunan Gedung Kantor Kecamatan Panggungrejo menelan biaya Rp. 8.471.788.000,- Pembangunan pendopo Surga Surgi, gapura, ruang rapat mbah slagah dan penataan landscape rumah dinas Walikota menelan biaya Rp. 5.875.426.000,-. Pembangunan Gedung Kesenian Darmoyudo menelan biaya Rp. 16.928.341.000,- Pembangunan Kantor Kecamatan Bugul Kidul menelan biaya Rp. 4.900.594.000,-. Pembangunan Gedung Farmasi menelan biaya Rp. 2.080.720.000,- serta Penataan Landscape Depan GOR/Pembangunan Taman Jam Agung GOR Untung Surapati menelan biaya Rp. 2.631.545.000,-.

Adapun keseluruhan total biaya pembangunan tersebut yaitu Rp. 49.487.577.000,-. Papar Asep sebagai laporan panitia penyelenggara.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan Bapak Ir. Asep Suryatna, MMA telah selesai mengemban tugas pembangunannya.

Dalam kesempatan ini Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Pasuruan mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan. Dalam rangka Hari Jadi Kota Pasuruan ke 332, Gubernur Jawa Timur menyempatkan hadir ke Kota Pasuruan.

Pembangunan beberapa gedung tahun anggaran 2017 ini khususnya untuk pelayanan masyarakat. Rangkaian Hari Jadi untuk prosesi kita kemas untuk berubah dibanding tahun-tahun sebelumnya yakni dengan berjalan kaki dari Kantor Pemerintah Kota Pasuruan menuju Jalan Pahlawan, Jalan Slagah, Jalan Panglima sudirman menuju Pendopo Surga Surgi.

Sedangkan ruang rapat Mbah Slagah untuk rapat koordinasi jajaran Forkopimda, Kyai dan Ulama. Gedung Kesenian Darmoyudo untuk kegiatan dan kreatifitas seluruh seniman yang ada di Kota Pasuruan. Selama ini banyak potensi yang dimiliki oleh seniman-seniwati Kota Pasuruan diantara seni lukis dan seni tari yang go internasional.

Dan tanggal 19 Februari 2018 Seni Tari Terbang Bandung diundang ke Australia untuk pentas. Semua itu diharapkan agar potensi seni berkembang dengan baik. Potensi unggulan yang ada di Kota Pasuruan, kedepan nantinya bisa di jual dan punya daya saing terhadap daerah lain. Oleh karena itu, Walikota Pasuruan mengajak ke semua elemen masyarakat mari kita bangun Kota Pasuruan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan pembangunan gedung baru ini diharapkan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat karena Pemerintah Kota Pasuruan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik, tepat dan puas.

Seusai sambutan diteruskan dengan pengguntingan pita oleh Walikota Pasuruan didampingi Ibu Ketua TP PKK, Wakil Walikota beserta Ibu, jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah beserta Ibu, Tokoh agama dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Walikota Pasuruan.

Sebelumnya Peringatan HUT Kota Pasuruan, Para Pejabat Jalan Kaki Menuju Pendopo Surga Surgi.
Selanjutnya Usai Curi Sepeda Motor, Arek Sidotopo di Kecrek Polisi.