Ini Patut Dicontoh! Pemdes Sukokerto Paparkan RAPBDes di Depan Muspika Pujer, Camat Minta Semua Pemdes Ikuti Langkah Ini.
Foto: Camat Pujer, Ivan Arifandi Saat Memberikan Sambutan.

Ini Patut Dicontoh! Pemdes Sukokerto Paparkan RAPBDes di Depan Muspika Pujer, Camat Minta Semua Pemdes Ikuti Langkah Ini.

Laporan Redaksi.

BONDOWOSO, (Suara-Publik.Com) - Pemerintah Desa (Pemdes) Sukokerto Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, Kamis Siang, (28/03/2019) dikantor desa Sukokerto, menyelenggarakan paparan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPDes) tahun 2019 kepada Camat Pujer, Kapolsek, Komandan Koramil, BPD, BUMDes, LPMD, tokoh masyarakat.

Dalam acara pemaparan RAPDes oleh Kades Sukokerto tersebut diharapkan mampu menerjemahkan rencana kerja selama satu tahun kedepan, sehingga program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Desa sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Camat Pujer, Ivan Arifandi, mengemukakan, kegiatan ini merupakan amanah dari Permendagri 20, dimana pengelolaan keuangan desa harus dikelola dengan asas Transparansi, Partisipatif dan akuntabel, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

"Inilah tujuan acara pemaparan RAPDes yang kita selenggarakan hari ini," kata Camat yang didampingi Sekretaris Camat (Sekcam) Pujer, Wisnu Hartono.

Menurutnya, setiap desa diwilayah Kecamatan Pujer akan melakukan Paparan RAPDes tahun 2019 Kepada Camat ini dalam rangka bimbingan dan pengawasan (Bimwas), sehingga RAPDes diharapkan akan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

Juga diharapkan program prioritas dari Kabupaten akan sinergi dengan kegiatan pembangunan didesa. "Sebelumnya, telah dilakukan bedah APBDes, yang dilanjutkan dengan pemaparan, yang diharapkan akan mempercepat pembangunan dalam rangka mensejahterakan masyarakat,"ujarnya.

Selanjutnya, kata Camat Ivan, kegiatan ini diharapkan kedepan akan terlaksananya transparansi kepada masyarakat dan lembaga-lembaga desa sehingga terjadi penguatan dalam pengawasan pelaksanaan kegiatannya.

" Mudah - mudahan upaya yang kita lakukan ini dapat menjadikan kepala desa dan perangkatnya bisa menerjemahkan isi RAPDes yang akan dilaksanakan tahun ini, dan yang terpenting lagi masyarakat ikut berperan aktif dalam pembangunan dan pengawasan," imbuhnya.

Sebelumnya Curigai Dana Desa Bocor, 100 Orang Massa GPI Luruk Inspektorat Kabupaten Blitar.
Selanjutnya Puluhan Wartawan Banyuwangi, Deklarasikan Pemilu Damai Dan Sukses.