Jabat Ketua Komite Sekolah, Sekcam Balong Panggang Langgar Permendikbud.

Jabat Ketua Komite Sekolah, Sekcam Balong Panggang Langgar Permendikbud.

Gresik, suara-publik.com - Sayyib, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Balongpanggang, Kabupaten Gresik dinilai melanggar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 75 tahun 2016 tentang Komite sekolah.

Dimana dalam peraturan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dilarang menjabat sebagai Komite Sekolah. Sementara Sekcam Balongpanggang, Sayyib diketahui merupakan Ketua komite di salah satu Sekolah Negeri Menengah atas.

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, kamis (13/8) Dirinya mengaku tidak mengetahui aturan tersebut, “ saya belum tahu, jumat atau sabtu saya usahakan ke sekolah klarifikasi, besok senin saya tak buat surat mundur dari komite,”Kata Sayyib, mengakui jabatan tersebut.

Sementara itu, Ketua LSM GCW, Sahar Sulur merasa prihatin terhadap pelanggaran permendikbud yang dilanggar oleh Sekcam. “Itu sudah salah, kan sesuai dengan aturan dalam Permendikbud yang menyebutkan jika pejabat yang menjabat Ketua Komite sekolah, tidak diboleh dan memang salah kalau ada Sekretaris Kecamatan yang menjabat Sebagai ketua komite, “jelasnya.

Berdasarkan Permendikbud tersebut, anggota komite sekolah tidak boleh berasal dari guru di sekolah setempat yang sebelumnya dibolehkan.

Bahkan anggota DPRD atau pejabat pemangku kepentingan, misalnya kades, camat atau lainnya juga dilarang menjabat sebagai Ketua Komite sekolah.(wahyu)

Sebelumnya Dapat Rekom PKB, Besok Kartika Hidayati Siapkan Deklarasi.
Selanjutnya Spj Dana Hibah Pemprov Jatim Sebesar 2,9 Triliun, Dipertanyakan Lsm Gas Jatim.