Jack Centre Minta Bupati Salwa, Utamakan Nilai Tes Tertinggi Yang Jadi Sekda Bondowoso.
Foto: Bupati Bondowoso Salwa Arifin(atas). Direktur Jack Centre Agus Sugiarto(bawah).

Jack Centre Minta Bupati Salwa, Utamakan Nilai Tes Tertinggi Yang Jadi Sekda Bondowoso.

Laporan Guido Saphan.

BONDOWOSO,(suara-publik.com) - Proses open bidding atau seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso 2019 yang meloloskan tiga nama calon Sekda, menarik perhatian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jack Centre Bondowoso.  

Terbukti, Agus Sugiarto, Direktur LSM yang konsisten menyoroti kebijakan publik pemerintah, ini meminta Bupati Bondowoso Salwa Arifin mengutamakan hasil nilai tes tertinggi dari tim Pansel (Panitia Seleksi) dalam memilih siapa dari tiga nama calon Sekda yang berhak menjadi Sekda definitif.  

Mengingat, tugas dan peran Sekda sebagai pemimpin tertinggi birokrasi pemerintah daerah sangat strategis dan berat. Sehingga, Bupati Salwa jangan salah memilih dan harus obyektif melihat hasil nilai tes seleksi terbuka dari tiga calon Sekda Bondowoso yang dilakukan tim Pansel.

100%

”Jabatan Sekda, itu sangat strategis di birokrasi pemerintah daerah, sehingga dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan khusus. Jadi, seleksi terbuka pasti tidak main-main dan berjalan obyektif. Disinilah, Bupati Salwa harus memilih calon Sekda yang nilai tesnya tertinggi untuk menjadi Sekda Bondowoso,” kata Agus Jack sapaan akrab Agus Sugiarto di kantin Pemkab Bondowoso kemarin.  

Dia menyadari, penunjukkan Sekda Bondowoso memang ranahnya Pemkab Bondowoso, dalam hal ini Bupati Salwa. Pihaknya tidak mungkin masuk atau mengintervensi kewenangan tersebut. Namun, sebagai masyarakat Bondowoso, Agus Jack dengan Jack Centrenya yang konsisten menyoroti dan memberikan masukan terhadap kebijakan publik pemkab, berkewajiban memberikan masukan untuk mengingatkan Bupati Salwa.

”Karena, jika sampai salah pilih, bukan tidak mungkin, nantinya Sekda Bondowoso yang dipilih malah menghambat roda birokrasi pemerintahan di Pemkab Bondowoso,” terangnya.  

Yang terpenting, lanjut Agus Jack, selain mengutamakan hasil tes tertinggi dari seleksi terbuka, Bupati Salwa harus memperhatikan pengalaman tata kelola birokrasi pemerintah, rekam jejak atau track record,  serta harus loyal dan paham keinginan bupati dan wabup.

Termasuk, calon Sekda yang nanti dipilih menjadi Sekda Bondowoso harus memiliki kinerja baik dan bersih, serta tidak terindikasi persoalan hukum, yakni korupsi. ”Mencari Sekda Bondowoso yang perfect atau sempurna pasti sulit. Tapi paling tidak yang mendekati sempurna dan jangan ada terindikasi persoalan hukum yaitu korupsi,” ujarnya.  

Tiga calon Sekda dinyatakan lolos tim Pansel yang diketuai Tauchid Djatmiko adalah Drs. Agung Tri Handono, SH, MM; Dra. Farida, M.Si, dan Syaifullah, SE, M.Si. Agung sekarang menjabat Pj. Sekda merangkap Asisten I Pemkab Bondowoso serta Farida Kepala Bappeda Bondowoso dan mantan Kepala DPPKAD Bondowoso. Syaifullah, sekarang Staf Ahi Bupati Situbondo dan mantan Kepala Dinas  Koperasi UMKM Situbondo.

Mereka menyingkirkan tiga calon Sekda lainnya, yakni Aries Agung Sungkowo, Kepala Satpol PP;  Haeriyah Yulianti, Kepala Diskominfo, dan Sigit Purnomo, Kepala Diskopperindag Bondowoso.  

Terpisah, Bupati Bondowoso Salwa Arifin menyatakan, hingga kini belum memilih siapa dari tiga nama calon Sekda yang berhak menjadi Sekda Bondowoso definitif. Dia beralasan, masih memperhatikan dan mempertimbangkan hasil tes atau ujian seleksi terbuka siapa dari tiga nama calon Sekda yang memenuhi kriteria menjadi Sekda Bondowoso definitif.

”Saya sampai saat ini belum pilih dari tiga nama calon Sekda pilihan tim Pansel itu. Yang jelas, nanti saya pilih satu menjadi Sekda dengan kriteria memiliki komitmen kuat, berintegritas, dan loyalitas tinggi dalam pemerintahan. Apa nanti sesuai hasil ujian atau pertimbangan lain,” kata Bupati Salwa.

Sebelumnya 3 Penjudi Kyu-Kyu Pagesangan di Bekuk.
Selanjutnya Di Pra Eksekusi Lahan Galih Subowo Menyatakan, Hutang Sebesar 980 Juta Tanpa Bunga, Saya Bukan Rentenir