Kades Sumbersuko Bangun 4 Unit  MCK Untuk Warga
Supandi Sekdes Sumbersuko di MCK yang dibangun

Kades Sumbersuko Bangun 4 Unit MCK Untuk Warga

 Dilaporkan oleh : Mahfud Susyanto

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Menjelang penilaian kepada pembangunan 4 unit tempat mandi, cuci dan kakus, (MCK) di Desa Sumbersuko Kecamatan Klabang Bondowoso, tim pelaksana kegiatan (TPK) desa setempat terus bekerja, sehingga diharapkan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan tersebut selesai tepat waktu.

Ketua TPK desa Sumbersuko, Sutarjo mengatakan, pembangunan 4 unit MCK itu diharapkan mampu menjadi tempat untuk mandi maupun buang hajat, khususnya RT.03, 08, 13 dan 14.

Sehingga warga tidak membuang hajat disembarang tempat. “MCK ini sengaja dibangun oleh Kepala Desa, yang dianggarkan dari dana desa (DD) sebesar Rp.30 juta, agar masyarakat bisa hidup sehat,”kata Sutarjo kepada suara-publik.com Sabtu, (25/11/2017).

Sutarjo mengungkapkan, rencana kedatangan tim penilai dan tim survey dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso pada bulan Januari 2018 mendatang. Diharapkan pembangunan MCK ini dapat segera dinilai dan digunakan oleh warga. “Mudah-mudahan bulan Desember ini semua MCK selesai, dan segera dnikmati oleh masyarakat setempat,”ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan fisik yang dilaksanakan oleh desa, selama kurun waktu satu tahun ini, tidak hanya pembangunan gedung, akan tetapi sejumlah infrastuktur sebagai penunjang perekonomian masyarakat juga telah selesai dikerjakan selesai. “Ini sebagai langkah strategis untuk menjawab pertanyaan masyarakat pada saat kampanye pemilihan kepala desa Agus Supiyono beberapa tahun yang lalu,”tegasnya.

Sementara itu, kepala Desa Agus Suyipno, mengaku sangat prihatin ketika warganya buang hajat disembarang tempat, sehingga kades berupaya untuk membangun MCK agar dapat hidup sehat. Sebab, kebanyakan warga tidak mempunyai MCK.

“MCK ini sengaja kita buat untuk masyarakat, karena saya sendiri sangat miris melihatnya, agar masyarakat dapat berprilaku sehat dalam sehari-hari, maka pada tahun 2017 ini kami membangun 4 unit MCK untuk masyarakat yang membutuhkan,”kata Agus Supiyono.

Dengan adanya MCK ini, lanjut Kades, masyarakat tidak lagi harus kesungai, baik untuk mandi maupun buang hajat, karena desa sudah menyediakan 4 unit MCK yang dibangun di 4 RT. “Mudah-mudahan MCK ini dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama untuk menjaga dan merawatnya. Dengan begitu masyarakat dapat merasakan APBDes yang dianggarkan selama setahun,”pungkasnya.(*)

Sebelumnya Iqbal Percaya Penggantinya Bisa Majukan Polrestabes Surabaya.
Selanjutnya Tertanam Jiwa Gotong Royong Sejak Dini, Anak TK SD Ikut Kerja Bakti.