Kedapatan Bawa Sabu Seberat 44,55 Gram, 2 Pemuda Ini di Ancam Pasal Berlapis.

Kedapatan Bawa Sabu Seberat 44,55 Gram, 2 Pemuda Ini di Ancam Pasal Berlapis.

Laporan: Stevanus.

SURABAYA, Suara Publik.com - Sidang perkara narkoba yang menjerat dua pemuda, yakni Andik Ari Wibowo dan Bambang Mulyono asal Bangsal Mojokerto, kini kembali bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (15/08/2019).

Dalam persidangan kali ini terdakwa Andik di dampingi kuasa hukumnya yakni Arip Budi Prasetidjo.SH dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) TARUNA INDONESIA. Sidang hari ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) Maryani Melindawati.SH.MH, dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya menghadirkan saksi penangkap dari anggota Reskoba Polsek Karangpilang Surabaya guna di mintai keterangan terkait perkara ini.

Dihadapan Majelis Hakim yang di ketuai Sifa,Urosiddin.SH.MH, saksi mulai membeberkan perkara ini dengan jelas. Bermula saat terdakwa Andik Ari Wibowo dan terdakwa Bambang Mulyono, berencana dan sepakat untuk membeli narkoba pada Tuwek melalui Whatsapp.

Setelah usai komunikasi lewat Whatsapp tersebut, lantas Tuwek meminta pada terdakwa untuk mentransfer uang sebesar Rp 2,600,000; (Dua juta enam ratus ribu rupiah) kemudian pada 07 Mei 2019 terdakwa Bambang mentransfer uang sebesar Rp 800,000; (Delapan ratus ribu rupiah) ke rekening BNI a/n Nurma Novitasari. Selanjutnya pada 08 Mei 2019 terdakwa Andik Ari Wibowo melakukan transfer uang sebesar Rp 1,800,000; (Satu juta delapan ratus ribu) ke rekening BNI a/n Norma Novitasari, lantas pada 09 Mei 2019 Tuwek memberitau kepada terdakwa Andik agar mengambil barang yang telah di pesannya yakni shabu shabu di daerah antara Mojoagung - Mojokerto.

Namun sebelum diambil barang tersebut di pindahkan ke Surabaya daerah jalan Wiyung Surabaya atau lebih tepatnya dibawa pohon dekat trafic light Wiyung gang Gogor Surabaya. Selanjutnya terdakwa Andik Ari Wibowo bersama dengan terdakwa Bambang Mulyono dengan mengendarai sepeda motor Honda Vario warna hitam nopol S- 6878 -QV berangkat menuju tempat yang telah diberi taukan oleh Tuwek.

Atas petunjuk dari Tuwek akhirnya terdakwa Andik dan terdakwa Bambang beehasil menemukan barang yang telah di pesannya yakni (1) satu bungkus shabu dengan berat 44,55 gram, setelah mendapatkannya barang tersebut, kedua terdakwa langsung kembali pulang. Namun saat keduanya melintas di jalan Raya Mastrip Kedurus Surabaya (depan pabrik es) kedua terdakwa di hentikan oleh saksi Oki Ari Saputra dan saksi Wahyu Dedy Irawan yang keduanya merupakan anggota Reskoba Polsek Karangpilang Surabaya.

Sialnya ketika terdakwa di geledah oleh petugas, di temukan barang bukti berupa (1) satu kantong plastik berisi kristal warna putih (shabu) seberat 44,55 gram, yang oleh terdakwa di selipkan di balik jaketnya. Karena kedua terdakwa tidak memiliki ijin dari yang berwenang, maka keduanya dibawa ke Mapolsek Karangpilang guna penyidikan lebih lanjut.

Dari semua keterangan saksi tersebut di benarkan oleh terdakwa, hingga JPU menjeratnya sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) dan atau pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) Undang Undang RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika...(Stev).

Sebelumnya Upaya Meningkatkan Produksi, UMKM Kecamatan Kalipura Mendapat Bimbingan Teknis Dari Diskoperindag.
Selanjutnya Warga RW 3 Kupang Krajan dan Bonek Holyghost Nobar Dengan 3 Pilar Sawahan.