Kejari Gresik Tetapkan Kades Sembayat Tersangka Dana Desa, Karena Sakit Saudji Tidak di Tahan.
Foto: Kades Sembayat Saudji.

Kejari Gresik Tetapkan Kades Sembayat Tersangka Dana Desa, Karena Sakit Saudji Tidak di Tahan.

Laporan Nur Wahyudi.

Gresik,suara-publik.com Kejari Gresik memang sudah menetapkan Kepala Desa Sembayat, Saudji sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi Dana Desa. Kendati demikian, Jaksa belum menahan Saudji yang dinilai bertanggung jawab sebagai Kuasa pengguna anggaran dalam Proyek tersebut.

Kasi intel Kejari Gresik, Marjuki mengemukakan alasan belum dilakukannya penahanan itu karena Saudji dinyatakan sakit. " Itu yang menjadi pertimbangan kami sehingga tidak dilakukan penahanan, tapi dalam waktu dekat ini akan kami tahan," jelasnya saat dihubungi via seluler, kamis (31/5).

Alasan tidak dilakukan penahanan beberapa di antaranya, yang bersangkutan tidak mengulangi perbuatannya, tidak melarikan diri, serta tidak menghilangkan barang bukti.

Berdasarkan data Pelaporan, Kades Saudji diduga menyelewengkan Dana Desa senilai Rp393 juta, Kades yang merupakan mantan Anggota Polres Gresik itu telah dilaporkan warganya ke Kejari Gresik atas dugaan penyimpangan sejumlah proyek yang bersumber dari APBDes tahun 2016.

Dari pelaporan warga kepada kejaksaan, sedikitnya ada 5 item proyek yang diduga pengelolaan anggarannya bermasalah. Antara lain pembangunan pagar pemakaman umum senilai Rp 41 juta, saluran air di RT08 RW12 senilai Rp 200 juta, saluran air belakangan perkampungan RT01 RW02 senilai Rp 25 juta, saluran air depan perkampungan RT5 hingga RT08 senilai Rp 27 juta dan saluran air pasar senilai Rp 100 juta.

Ada beberapa hal yang menjadi permasalahan, dugaan terjadinya mark up harga dan material yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Sebelumnya Walikota Pasuruan Santuni 44 Anak Yatim Abul Yatama..
Selanjutnya Dugaan Mark Up Pasar Desa Suci Terus Berlanjut, Ini Penjelasan Kejari Gresik.