Kepergian Sejumlah Anggota DPRD Ke Jakarta Tak Ada Masalah

Kepergian Sejumlah Anggota DPRD Ke Jakarta Tak Ada Masalah

BONDOWOSO, Suara Publik - Ketua DPRD Bondowoso menilai sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bondowoso, yang ke Jakarta untuk memberikan dukungan terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok-Djarot dan Anis-Sandi tidak ada masalah.

Ahmad Dhafir menganggap hal tersebut merupakan bentuk dukungan kepada partai pengusung Cagub-Cawagub DKI Jakarta. Apalagi memang ada instruksi dari Ketua Umum masing-masing partai pendukung, untuk memberikan dukungan sehingga harus hadir ke Jakarta.

“Kalau menurut saya sah-sah saja mereka datang ke Jakarta untuk memberikan dukungan terhadap partainya, apalagi memang tidak ada agenda rapat dewan yang mereka abaikan. Dan yang terpenting, mereka berangkat menggunakan dana sendiri dan tidak menggunakan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD),” kata Ahmad Dafir.

Ia mengungkapkan, kehadiran anggota dewan ke DKI Jakarta tidak ada kaitannya dengan kinerja sekalipun di hari efektif. Karena dewan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terikat dengan hari efektif karena sebagai pelayan publik.

Menurutnya, kerja dewan itu bukan seperti PNS yang harus selalu ada di jam kerja, akan tetapi kita bekerja atau berada di kantor jika ada jadwal rapat.

“Akan tetapi sesuai tata tertib, apabila dewan tidak menghadiri rapat enam kali berturut-turut itu baru pelanggaran, bukan karena tidak masuk di hari efektif,” ujarnya.

Sementara, anggota DPRD Bondowoso, Abdul Majid mengaku, dirinya berangkat ke Jakarta karena instruksi dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dalam rangka untuk memberikan dukungan penuh kepada pasangan Cagub-Cawagub yang diusung Partai Gerindra.

“Kita ke Jakarta untuk mengawal Pilkada DKI dengan misi ‘Rebut Jakarta Selamatkan Indonesia’. Dan ini instruksi langsung dari Partai Gerindra, bahwa partai dikerahkan kekuatannya di Jakarta,” katanya politisi asal Dapil III ini.

Ia juga mengaku sudah mendapat persetujuan dari Komisi maupun Fraksi, soal keberangkatannya ke Jakarta, sehingga jika ia absen pada rapat komisi maupun fraksi selama keberadaannya di Jakarta, sehingga bisa dimaklumi. Namun, sebelum berangkat ke Jakarta, pihaknya menggelar rapat internal terlebih dulu.

Setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi dan Fraksi, saya bersama dua orang teman dewan dari Gerindra juga berangkat ke Jakarta,”tegasnya.

Terpisah, Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Bondowoso, Drs.H.Harimas.MSi, mengaku tidak tahu menahu soal keberangkatan anggota dewan dari fraksi Gerindra dan PDI-P ke Jakarta. Menurut Harimas, soal keberangkatan anggota dewan dari Partai Gerindra ataupun PDI-P, karena memang kinerja dewan itu tidak harus selalu di kantor meskipun itu hari efektif.

Jadi, saya tidak tahu menahu tetang keberangkatan anggota DPRD yang ke Jakarta.

Harimas mengatakan, dalam minggu ini memang ada agenda rapat Komisi dan Fraksi, baik bersama mitra kerjanya masing-masing dan internal. Seperti yang telah dilaksanakan kemarin ada Raker Komisi I bersama mitra kerjanya, dan Komisi II dengan mitra kerjanya, dan hari rapat internal Komisi IV, dan besok rapat internal Komisi II.

          “Mudah-mudahan anggota DPRD yang ke Jakarta segera kembali melaksanakan raker dengan eksekutif,”imbuhnya. (her)

 

Sebelumnya POLRES PASURUAN RENOVASI RUANGAN TAHANAN DI MAPOLRES PASURUAN
Selanjutnya Satreskoba Polres Bondowoso Tangkap Dua Orang Pengedar Pil Koplo Ditempat Berbeda