Koper Bondowoso Kecipratan Berkah, Bisa Ikut Lomba Lukis di Antique Expo 2019.
Foto: Komunitas Perupa bersama Wabup Irwan.

Koper Bondowoso Kecipratan Berkah, Bisa Ikut Lomba Lukis di Antique Expo 2019.

Laporan Redaksi.

BONDOWOSO, (Suara-Publik.Com) - Pesatnya teknologi saat ini berdampak pada pudarnya minat masyarakat pada budaya melukis. Hingga, kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya tersebut pun ikut terancam.

Namun dengan digelarnya pameran barang Antique Expo 2019 yang dibuka oleh Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat SE. MSi, membuat komunitas perupa (Koper) Bondowoso kecipratan berkah, karena bisa ikut serta menjadi peserta pameran.

Hal itu, diungkapkan Koordinator Komunitas Perupa (Koper), Iik AW, sebagai alasan pihaknya ikut menggelar pameran Antique Expo dan sekaligus lomba lukis Pameran yang berlangsung selama tujuh hari, yakni mulai dari tanggal 8 hingga 14 Juli 2019 itu turut membuka sesi belajar melukis bersama pelukis lokal dan nasional.

Sebab, lanjutnya, imajinasi tentang Indonesia dan beraneka kehidupannya dapat disampaikan lewat lukisan. “Lukisan adalah salah satu wujud budaya Indonesia yang perlu dilestarikan, lukisan adalah potret bangsa dalam kanvas, yang dituangkan melalui torehan kuas,” ungkap Iik AW. Sabtu, (13/7/2019) usai melukis salah tokoh Bondowoso.

Dalam kesempatan tersebut, Iik menyebutkan pameran lukisan yang memamerkan sejumlah karya dari pelukis lokal telah menginspirasi para seniman untuk berkarya lewat seni dan budaya. Koper berharap Industri kreatif ini termasuk seni lukis lokal dan nasional dapat berjaya di dunia sekaligus menjadi salah satu roda penggerak ekonomi menuju Bondowoso Melesat.

“Semoga dengan adanya Pameran Antik ini, dapat menjadikan kebudayaan, khususnya lukisan sebagai salah satu penggiat ekonomi kreatif yang dapat menyumbangkan devisa bagi Bondowoso,”ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat pada Senin (8/7/2019) sekitar pukul 17.10 WIB, sebagai tanda dibukanya Antique Expo (Pameran Barang Antik) 2019 di gedung olahraga (GOR) Bondowoso.

Peserta pameran diikuti dari peserta dari kabupaten Jember, Situbondo, dan beberapa kabupaten lainnya, dengan menyuguhkan berbagai macam barang antik dari akik, perabotan, kamera, hingga sepeda motor.

Pada perdana Antique Expo 2019 di GOR Bondowoso ini wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat langsung membeli satu set barang antik semacam ceret atau pocii yang disebut Satsuka,seperti poci dari China semacam seharga Rp1 Juta dari kolektor Agung Antique asal kabupaten Jember.

Sebelumnya Ditinggal Sholat di Mushola SPBU Nangkaan, Tas Milik Mahasiswa di Gondol Maling.
Selanjutnya Kadis Koperindag Bondowoso, Ajak Staf Bersih-Bersih Pasar Dadapan.