KPU Bondowoso, Bakar Ribuan Surat Suara Pileg dan Pilpres Yang Rusak.

KPU Bondowoso, Bakar Ribuan Surat Suara Pileg dan Pilpres Yang Rusak.

Laporan Guido Saphan

BONDOWOSO, (suara-publik.com) - Sebanyak 5.032 surat suara rusak dan lebih dimusnankan KPU Bondowoso. Pemusnahan lima ribu lebih surat suara rusak dan lebih, ini dilakukan dengan pembakaran di halaman kantor KPU Bondowoso pada Selasa malam (16/4) kemarin.  

Ketua Komisioner KPU Bondowoso, Hairul Anam memimpin langsung pembakaran surat suara rusak dan lebih itu. Proses pembakaran disaksikan Ketua Bawaslu Bondowoso, M.Makhsun, perwakilan TNI dan Polri, Bakesbangpol, dan Satpol PP setempat.

”Pembakaran untuk memusnahkan surat suara rusak dan lebih, ini didasarkan Peraturan KPU RI No 667/PP.10.5/SD/07/KPU/IV/ 2019, bahwa surat suara rusak atau cacat hasil sortir dan surat suara lebih, harus dimusnahkan H-1 pencoblosan Pemilu Serentak 2019,” kata Hairul Anam.  

Surat suara yang dimusnahkan dengan dibakar tersebut, yakni 3.520 surat suara rusak atau cacat hasil sortir dan 1.512 surat suara kelebihan. Surat suara rusak, cacat, dan lebih tersebut, terdiri dari surat suara Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Propinsi Jatim, dan DPRD Kabupaten Bondowoso.

”Pemusnahan dengan pembakaran, ini berarti KPU Bondowoso telah memenuhi ketentuan yang diamanatkan undang-undang,” ujar Hairul Anam.

Sebelumnya PPS dan KPPS Tlogosari, Bantah Ada Jual Beli Suara Dari Caleg di TPS 08.
Selanjutnya Nyambi Ngecer Sabu, Pria Bungurasih Ini Diringkus.