KPU Bondowoso, Tetapkan Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019.

KPU Bondowoso, Tetapkan Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019.

Laporan Guido Saphan . 

BONDOWOSO,(suara-publik.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso resmi menetapkan anggota DPRD Bondowoso masa bhakti 2019-2024 dan perolehan kursi partai politik (parpol) di DPRD hasil Pemilu 2019. Penetapan ini dilakukan KPU dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Parpol dan Calon Terpilih Anggota DPRD Bondowoso pada Pemilu 2019 di Aula Hotel Palm, Senin (22/7/2019).       

Dalam rapat pleno tersebut, KPU menetapkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bondowoso meraih kursi terbanyak DPRD, yakni 14 kursi. Peringkat kedua, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memperoleh 7 kursi. Posisi ketiga Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golongan Karya (P.Golkar) sama-sama meraup 6 kursi. Kemudian, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5 kursi, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 4 kursi, Partai Demokrat (PD) 2 kursi, dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1 kursi.

Junaedi, Ketua Komisioner KPU Bondowoso mengatakan, usai penetapan, ini KPU menyerahkan masalah dokumentasi kepada Pemkab Bondowoso. Kemudian, pemkab meneruskan ke Pemprov Jatim dalam hal ini Gubernur Jatim. ”KPU kalau masalah pelantikan tidak ikut, karena rumah tangga pemkab. Intinya, masalah dokumentasi kita berikan kepada pemkab yang nantinya diteruskan kepada Gubernur Jatim,” jelasnya.

Namun, menurut Junaedi, dalam memproses administrasi, itu Pemkab dibatasi dengan waktu, yakni tidak boleh lebih 10 atau 15 hari. Begitu juga, Pemprov Jatim tidak boleh lebih dari 15 hari. ”Sehingga, jika ada surat edaran tanggal 23 Agustus 2019 dilakukan pelantikan anggota DPRD kabupaten/kota, maka tanggal 22–23 Agustus semua persoalan administrasi  harus selesai. Jadi, mau tidak mau tanggal 23 Agustus harus dilakukan pelantikan DPRD Bondowoso,” ujarnya.

Sebelumnya Jack Centre Minta Bupati Salwa, Batalkan SK Pengurus PMI Bondowoso.
Selanjutnya Sakit, 5 CJH Bondowoso Gagal Berangkat Haji.