KPU Bondowoso Warning Partai Segera Mendaftar

KPU Bondowoso Warning Partai Segera Mendaftar

Dilaporkan Oleh : Hery Masduki   

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Sejumlah pengurus partai calon peserta pemilu tahun 2019, berlomba-lomba mendatangi Komisi Pimilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso, di jalan KH Abdurrahman Wahid. Namun, kedatangan para pengurus partai tersebut masih banyak berkonsultasi.           

Hal itu ditegaskan, oleh Komisioner KPU, bidang Divisi Hukum, Junaidi,SH. Para pengurus partai yang sudah datang ke KPU, dari partai PDIP, Nasdem, PSI, Berkarya dan PBB. Namun, yang sudah memenuhi syarat, sesuai aturan KPU nomor 165, dan Surat Keputusan KPU nomor 580, itu masih belum ada.         

“Kalau didalam aturan PKPU, partai pusat dulu mendaftar, baru pengurus yang dibawahnya, seperti Provinsi dan tingkat Kabupaten. Jadi kita mencocokkan dari Sistim Informasi Politik (Sipol),”kata Junaidi, saat ditemui di ruang kerjanya, Juma’at, (13/10/2017). 

Dia menjelaskan, misalkan keanggotaan itu mencapai 900 ribu, maka Kabupaten itu wajib menyertakan soft coppy dan hard coppy keanggotaan sebanyak 900 orang. Namun, KPU punya aturan dari perseribu atau seribu. Sesuai aturan pada pasal 43, bahwa untuk kabupaten Bondowoso ada 781 ribu hak pilih.  

“Maka untuk Kabupaten Bondowoso cukup menyertakan daftar keanggotaan sebanyak 781 itu sudah cukup untuk memenuhi kreteria persyaratan dari jumlah keanggotaan partai politik yang dibuktikan dengan e-KTP dan KTA,”ujarnya.   

Selainitu, kalau itu lebih tidak ada masalah, tetapi syarat-syaratnya meng-urutkan hard coppynya sesuai dengan data Sipol. 

“Satu misal kecamatan Bondowoso, maka kecamatan itu ada diterdepan sampai ke kecamatan yang terakhir,” katanya.   

Junaidi menambahkan. hingga saat ini parti di pusat yang sudah memenuhi syarat, antara lain adalah Perindo, Nasem, PDI Perjuangan, Berkarya, dan PSI. Tapi PSI itu masih dalam perbaikan.  

“Data-data partai yang lain masih belum, seperti data PKS itu masih naik turun, termasuk PKB juga belum selesai,” ujarnya.   Lebih lanjut Junaidi mengungkapkan, hingga saat ini partai-partai calon perserta pemilu di Bondowoso belum bisa diverifikasi, karena para pengurus partai hanya menyerahkan data. Bahkan ada yang kurang, sehingga KPU harus mengembalikan.   

Kalau kurang itu kita tidak berani spekulasi, dan kita harus menyesuaikan dengan data Sipol, baik dari Sipol KPU maupun Sipol Partai,"tandasnya.   

Junaidi berharap, agar semua partai politik segera mendaftar. Sebab, pendaftaran di tutup pada tanggal 16 Oktober 2017, pukul 24.00 WIB. Kendati walaupun mendaftar, KPU Bondowoso menunggu konsekwensi logis dari KPU-RI.  

“Apakah itu dilakukan eliminiasi atau dilakukan perpanjangan. Makanya kita Warning mereka untuk segera mendaftar sesuai jadwal,”imbuhnya.(her)

Sebelumnya Diklarifikasi Berkurang nya Ukuran Tanah Warga, Lurah Gunung Anyar Tambak Sewot.
Selanjutnya Usianya Baru 17 Tahun, Tapi Sudah Lihay Mencuri.