Lawan Covid 19, Gerakan Semprot Surabaya Hadir di Kupang Krajan.
Foto: Penyerahan alat semprot dari Richard ke Joko Prasektyo.

Lawan Covid 19, Gerakan Semprot Surabaya Hadir di Kupang Krajan.

Surabaya, Suara Publik -  Komunitas Rumah Bhinneka gagas aksi lawan virus corona (covid-19) di kota Surabaya. Aksi tersebut mereka beri label "Gerakan Semprot Surabaya".

Banyak elemen yang terlibat didalamnya diantaranya dari komunitas Gusdurian, PITI, Banser, INTI, dsb. "Lintas agama, lintas suku, lintas ras, kami dalam wadah yang satu. Ingin berbuat untuk Indonesia, khususnya yang sekarang ini untuk kota Surabaya," kata Yuska Harimurti koordinator Gerakan Semprot Surabaya. Sabtu sore, 28/03/2020, gerakan ini diawali di wilayah kelurahan Kupang Krajan.

Bekerjasama dengan LPMK setempat, mereka membagikan 7 alat semprot disinfektan. "Kami berharap bantuan alat semprot ini benar-benar bisa dimanfaatkan secara maksimal," harap Yuska.

Pembagian alat semprot ini dihadiri oleh Lurah Kupang Krajan, Babinsa, Ketua LPMK, Ketua RW 01 hingga RW 07 kelurahan Kupang Krajan.

Pembagian alat semprot ini dilaksanakan di Balai RW 07 Banyu Urip Lor IX. Ketua LPMK Kupang Krajan Djoko Prasektyo, menyampaikan bahwa bantuan alat semprot ini sangat dibutuhkan oleh warga.

Dikatakannya, meskipun program pemkot sudah berjalan bagus. Tetapi tetap harus diimbangi dengan gerakan partisipasi dari warga. "Kami terkendala alat penyemprotan seperti ini," terangnya sambil menunjukan alat semprot yang dia maksud.

"Untuk alat semprot selanjutnya kami bagikan ke tiap RW sebagai inventaris. Sedangkan disinfektan, selain dapat bantuan dari kelurahan dan kecamatan, warga juga buat sendiri," tambahnya.

Sementara Lurah Kupang Krajan Bambang Hartono, SE, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas bantuan tersebut. "Pemerintah tidak bisa sendiri, sementara penanganan covid-19 ini butuh cepat dan berkelanjutan. Partisipasi dari setiap elemen masyarakat sangat kami butuhkan. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih atas bantuan ini," katanya.

Ketua RW 04 Kupang Krajan Edi Purnowo menyampaikan kesiapannya untuk memanfaatkan alat semprot tersebut secara maksimal di wilayahnya. "Kami akan jadwal tiap RT yang pinjam alat semprot. Besok langsung kami operasikan," kata pak Pur panggilan akrabnya.

Ditempat yang sama, Kusworo Ketua RW 3 yang juga tokoh masyarakat dan pergerakan menyambut baik apa yang dilakukan oleh Yuska Harimurti "Ini adalah hasil dari kepedulian sosial para tokoh sosial dari berbagai agama dan etnis dalam membantu Pemkot memerangi Covid 19.

Salam hormat dan salut buat komunitas Rumah Bhineka yang digagas Pak Yuska dan Richard. Yang mana beliau-beliau mampu membaca keresahan warga" kata Kusworo(red)

Sebelumnya Semprot Setiap Warga Yang Mau Masuk Desa, Antisipasi Penyebaran Covid 19.
Selanjutnya Merasa di Dholimi Polsek Sugio Lamongan, Warga Jubel Kidul Lapor Ke Propam Polda Jatim.