Maki Minta Pemerintah, Tetapkan Gus Dur Sebagai Pahlawan Nasional Komandan
Foto : Berdiri dari kiri (no.3)memakai Kopyah putih, Heru Satriyo, S. Ip

Maki Minta Pemerintah, Tetapkan Gus Dur Sebagai Pahlawan Nasional Komandan

SURABAYA, (suarapublik.com) – Salah satu aktualisasi gerakan MAKI (Masyarakat Anti Korupsi Indonesia) meminta dan memaksa kepada pemerintah untuk percepatan menetapkan Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional Komandan.

“Kami atas nama organisasi MAKI meminta dan memaksa pada pemerintah agar dipercepat penetapan Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional Komandan,” ungkap Heru Satriyo, S.Ip, selaku Ketua LSM MAKI Koorwil Provinsi Jawa Timur dengan tegas, Jum’at (5/3/2021).

Heru mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan permintaan penetapan kepada pemerintah secara tertulis sejak sebelas (11) tahun yang lalu. Namun, sampai dengan tahun 2021 ini belum ada kepastiannya.

“Beliau wafat pada tanggal 30 Dessember 2009 lalu, sudah kami layangkan surat resmi pada tahun 2010, sesuai prosedur atas nama lembaga, dengan Nomor : 019/MAKI/A/I/2010, kepada Presiden RI tapi, sampai sekarang belum ada jawaban signifikan,” ujar mantan santri ini. Lebih lanjut Ia mengatakan, dalam menentukan penetapan seseorang sebagai pahlawan nasional, menurutnya, ada parameter yang dapat dijadikan tolak ukur sebagai jaminan orang tersebut membawa perubahan yang baik selama memimpin negara Indonesia.

“Bahwa Gus Dur sebagai peletak dasar Real Demokrasi dalam perjalanan Bangsa, Beliau meletakkan (Agama) dalam structural kebhineka ragaman dan tidak menonjolkan Islam sebagai kekuatan mayoritas,” kata pria berambut gondrong ini.

“Gus Dur diakui sebagai leadership religinya dan strong leadershinya di dunia Internasioanl, sebab, pengakuan Dunia Internasioanal mungkin bisa menjadikan syarat mutlak bahwa Gus Dur bukan hanya milik Bangsa Indonesia tetapi milik Dunia dan Beliau adalah pencetus gerakan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia,” tambah Heru dengan semangat.

Heru berharap kepada pemerintah agar segera membuat dan menerbitkan produk hokum dari Presiden RI berkaitan dengan pengangkatan Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional.

“Kami menghimbau kepada pemerintah untuk segera membuat dan menerbitkan Perpres terkait dengan penetapan seseorang yang sudah berjasa kepada bangsa dan negara sehingga bisa disebut sebagai pahlawan nasional,” pungkas nya (Dre)

Sebelumnya Polda Jatim, Beri Dukungan Penuh Kegiatan PLN, Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat
Selanjutnya Kapolres Gresik, Hadiri Vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar Driyorejo