Memasuki Musim Hujan, Masyarakat di Minta Waspada

Memasuki Musim Hujan, Masyarakat di Minta Waspada

Dilaporkan oleh : Hery Masduki   

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Meski memasuki musim penghujan masih ada empat desa di Kabupaten Bondowoso yang mengalami sulit air. Bahkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih menerima permintaan air. 

Kepala BPBD Kabupaten Bondowoso Kukuh Triatmoko, mengungkapkan, di Bondowoso saat ini masih ada empat desa di Kecamatan Botolinggo yang masih kekurangan air, dan masih mengajukan permintaan air kepada BPBD. “Hingga saat ini kita masih droping air. Padahal saat ini kan musim hujan. Tapi, dibeberapa daerah di Bondowoso sudah kelebihan air,”kata Kukuh Triatmoko, saat ditemui dikantornya. Selasa, (7/11/2017).

Menurutnya, dari data yang dimiliki BPBD, ada 46 desa di 16 Kecamatan  yang rawan kekeringan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, BPBD selalu siaga. Namun ternyata pada tahun 2017 ini hanya beberapa desa yang minta disediakan tandon. “Saat ini hanya empat desa yang masih kekurangan air, seperti Desa Lumutan, Klekean, Botolinggo dan Desa Penang. Semuanya masuk diwilayah Kecamatan Botolinggo,”ujarnya.

Meski demikian, BPBD sampai saat ini masih memberikan pelayanan kepada masyarakat, walaupun darurat kekeringan itu sampai tanggal 31 Oktober kemarin. namun, karena masih ada desa yang memang memerlukan bantuan air, maka mereka diminta untuk mengajukan permohonan kepada BPBD. “Hal itu nanti, biar dibuatkan surat pernyataan dari Bapak Bupati, bahwa desa itu memerlukan air,”tegasnya. 

Lebih lanjut Kukuh menyatakan, memasuki musim hujan pada awal Nopember 2017 ini, antisipasi yang dilakukan oleh BPBD agar masyarakat selalu waspada. Sebab, pada musim hujan biasanya disertai angin, banjir, bahaya longsor,  dan angin puting beliung. Untuk mengantisipasi kedaruratan  itu, kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari BMKG, agar dalam menentukan kadaruratan itu kedepan seperti apa, dan tingkat kesiagaan yang harus kami siapkan,”terangnya. 

Kendati demikian, kewaspadaan  tetap dilakukan, seperti beberapa hari yang lalu, ada hujan yang disertai angin kencang, sehingga mengakibatkan kayu tumbang kepada rumah salah satu warga di desa Tlogosari, saat itu BPBD langsung turun ke lokasi. Meski tidak ada korban jiwa BPBD tetap menghibau kepada masyarakat untuk selalu waspada.

“Kepada masyarakat, memasuki musim hujan ini hendaknya lebih waspada, lebih mengenali potensi-potensi bahaya didaerahnya masing-masing, terkait dengan banjir, longsor dan angin puting beliung,”imbuhnya.(her)

Sebelumnya Humas Polsek Purwodadi dan Dikyasa Polres Pasuruan Bina Sopir Angkutan
Selanjutnya Operasi Zebra Semeru 2017, PM Amankan Sejumlah Jaket Doreng.