"Memayu Raharjaning Praja" Dijadikan Filosofi Kades Yang Terkenal Militan di Lamongan.

"Memayu Raharjaning Praja" Dijadikan Filosofi Kades Yang Terkenal Militan di Lamongan.

Lamongan, suara-publik.com - Di Kecamatan Mantup sebuah lembaga kecil bernama Pemerintah Desa menempati posisi yang berhubungan langsung dengan bupati. Sehingga tidak aneh jika desa paling familiar diperbincangkan.

Kedengarannya unik, tapi inilah konsep pembangunan Kabupaten Lamongan yang sedang berkembang.

Tentu daerah butuh orang-orang “desa” yang cekatan untuk mendukung pembangunan tersebut.

Maka tak ada salahnya jika mengenal siapa saja sosok orang Mantup yang bisa ditiru gaya militansinya.

Seolah sudah sangat hafal dengan kondisi lapangan, tak heran jika Kepala Desa Tugu Moh. Hadiono. ST nampak agresif jika sedang beraksi ke penjuru wilayah.

Jika mau mengikuti geraknya, balutan lumpur sawah, selokan, dan sampah adalah cuaca yang biasa dihadapinya.

Sosok Kepala Desa Tugu ini memang tak lagi muda. Tapi dia sudah lama dikenal oleh warga, khususnya warga Tugu sebagai orang yang hobinya blusukan.

Saat ini dirinya menjabat Kades masih periode yang akan berakhir pada 2021 nanti, tidak hanya lingkungannya yang diurusi, tapi juga aktif berkoordinasi ke Desa tetangga.

Merasa jadi orang desa, Hadiono memegang teguh prinsip komunikasi dan bersikap kekeluargaan antar warga adalah segala-segalanya. Begitulah kira-kira orang desa. Kalau tidak salah menduga mungkin berkat kebiasaan itu, pada Pemilihan Kepala Desa tahun 2015 lalu, dirinya berhasil mendapat hampir mayoritas suara warga Desa.

Setelah menjadi Kades, lalu apa yang akan dilakukannya dalam rangka menyongsong Lamongan menjadi Kabupaten membangun, Persiapan sudah rapi disusun di otak sambil terus operasi lapangan melihat prioritas pembangunan, jika mendengar tuturannya panjang sekali.

Tapi melihat aksinya selama ini, tak salah kira-kira seperti inilah yang namanya orang desa, kerja dan kerja. Sesuai motto kota Lamongan “Memayu Raharjaning Praja”, yang mempunyai filosofi atau bermakna “berusaha dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya dengan bekerja keras dan ulet untuk kesejahteraan dan keselamatan rakyat, masyarakat, dan negara“ Harapan saya rekan-rekan Kades bisa aktif berkomunikasi.

Kalau ada masalah tolong sampaikan, ayo kita kerjakan bersama-sama,”ujar Hadiono ditemui di sela-sela kegiatannya. (Wahyudi/Sulaiman)

Sebelumnya Peringatan Harlah Pancasila di Blitar Bertajuk " Gotong Royong Menuju Indonesia Maju".
Selanjutnya Pdam Surabaya, Tanggapi Serius, Pengaduan Warga Terkait Kebocoran Pipa.