Meningkatnya Rawan Longsor BPBD Pasang Papan Peringatan

Meningkatnya Rawan Longsor BPBD Pasang Papan Peringatan

BONDOWOSO, Suara Publik - Meningkatnya curah hujan akhir-akhir ini yang membuat sejumlah daerah rawan bencana, baik longsor maupun banjir sehingga warga merasa kwatir. Sebab, intensitas hujan turun sangat tinggi siang dan malam.

Apalagi sebelumnya, disepanjang jalan menuju ke Kecamatan Ijen, longsor di enam titik, sehingga pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso,memasang sejumlah papan peringatan di sejumlah titik rawan longsor.

Pihak Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan, potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang ataupun hujan ringan atau sedang berdurasi lama akan terjadi di sejumlah daerah termasuk Jawa Timur, selama tiga hari terhitung 6 sampai 8 April 2017.

Kepada wartawan, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bondowoso, Winarto menjelaskan, sebetulnya papan peringatan rawan longsor sudah dipasangnya  dibeberapa titik rawan bencana sejak memasuki musim penghujan.

Namun, karena bertambahnya titik longsor di kawasan wisata Ijen, sehingga BPBD berinisiatif menambah jumlah papan peringatan. Karena saat ini ada 20 titik rawan longsor, yang semula hanya di tujuh titik.

 “Jadi kita tambah juga papan peringatan agar pengendara yang melintas bisa lebih berhati-hati,” katanya.

Kondisi saat ini, kata Winarto, secara umum bisa dipastikan aman, namun masyarakat harus lebih waspada saat melewati jalan ini, karena longsor susulan masih berpotensi terjadi, kalau di kawasan Ijen kembali diguyur hujan.

“Kita hanya memastikan tidak ada yang harus dihawatirkan ataupun ditakuti jika melewati jalur di pegunungan Ijen. Hanya saja masyarakat harus lebih waspada dengan memperhatikan sekitarnya, karena potensi longsor masih dimungkinkan terjadi,”terangnya.

Beberapa waktu lalu, hari Selasa,(4/4/2017) ruas jalan Gunung Malang di kawasan wisata Ijen tertimpa longsor. Material longsor menutup akses jalan menuju Kecamatan Ijen atau arah Ijen menuju Bondowoso lumpuh total sekitar enam jam lamanya.

“Saat itu ada tujuh titik longsor, dan pada Kamis kemarin titik longsor bertambah 13 sehingga saat ini ada 20 titik longsor di sepanjang jalan menuju wisata Ijen,”imbuhnya.(her)

Sebelumnya Harga Cabai Rawit Hijau Terus Menurun, Petani Bondowoso Was-Was.
Selanjutnya Satreskoba Polres Bondowoso Tangkap Dua Orang Pengedar Pil Koplo Ditempat Berbeda