Nyambi Ngecer Sabu, Pria Bungurasih Ini Diringkus.
Foto: Pelaku berkaos merah diapit Wakasat Narkoba dan Kasubag Humas Polrestabes Surabaya

Nyambi Ngecer Sabu, Pria Bungurasih Ini Diringkus.

Laporan: Tom.

SURABAYA, Suara Publik - Siswandi (42) alias Iwan warga Jalan Bungurasih Timur, Waru Sidoarjo kini harus meringkuk dibalik jeruji penjara di Polrestabes Surabaya. Pria yang kesehariannya bekerja mencari penumpang bis di Terminal Bungurasih ini dibekuk Polisi lantaran nyambi jadi pengecer sabu.

Informasi yang didapat petugas jika Siswandi ini jadi kurir, kemudian dilakukan tindak lanjut dengan menyelidikinya ke beberapa lokasi. Pelaku akhirnya ditangkap oleh Unit 1 Satreskoba yang menyelidiki, Rabu 3 April 2019 sekitar pukul 22.00 WIB, di dalam kos di daerah Jalan Siwalankerto Surabaya.

Kompol Yusuf Wahyu, Wakasat Reskoba Polrestabes Surabaya mengatakan, pelaku ini tak dapat berkutik ketika petugas mendapati beberapa barang bukti darinya. Saat dilakukan penggeledahan ditemukan, 9 plastik berisikan kristal warna putih yang diduga sabu dengan berat 20,91 gram, 1 buah pipet kaca bekas pakai, 1 linting kertas berisikan daun biji yang diduga ganja seberat 0,51 gram, 1 Pocket plastik berisi ganja seberat 0,87 gram, 1 buah timbangan elektrik, ATM, 2 buah sekrpp plastik, 1 bendel plastik dan 2 buah HP. Rencananya, 9 Pocket sabu tersebut akan diedarkan kepada pemesannya atas petunjuk AD yang kini dalam pengejaran petugas Kepolisian.

"Sudah tiga kali pelaku ini ditawari bekerja sebagai kurir untuk melakukan pengiriman yang diberi upah Rp.300.000 untuk sekali antar," sebut Yusuf, Rabu (17/4/2019). Berdasarkan keterangan pelaku dirinya mendapatkan barang haram itu dari AD (DPO) yang mengiriminya hari itu juga pada pukul jam 17.00 WIB. Barang tersebut ditaruh di bawah tol Jalan Menanggal Surabaya.

Terbukti bersalah, selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Mapolrestabes Surabaya guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut. Pelaku Siswandi sendiri mengatakan jika, mengenal pemilik barang ketika sama sama bekerja di Terminal Bungurasih.

"Dia kerja sopir, saya yang cari penumpang, namun akhirnya lama tidak bertemu" singkatnya. Begitu bertemu beberapa waktu lalu, AD ini menawarkan pekerjaan untuk kirim barang. Karena tergiur upah pelaku akhirnya mau saja dengan dalih butuh uang. Oleh petugas, pelaku akan dijerat dengan Pasal 114 112 ayat 2, 111 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.(tom)

Sebelumnya KPU Bondowoso, Bakar Ribuan Surat Suara Pileg dan Pilpres Yang Rusak.
Selanjutnya Puluhan Tahanan Polrestabes, Ikut Mencoblos.