Operasi Patuh Semeru 2017 Dengan Sistem Stasioner, Digalakkan Polres Pasuruan

Operasi Patuh Semeru 2017 Dengan Sistem Stasioner, Digalakkan Polres Pasuruan

Pasuruan, Suara-Publik. Masih tingginya angka kecelakaan Lalu Lintas diwilayah Hukum Polres Pasuruan serta masih rendahnya kesadaran Berlalu Lintas oleh warga masyarakat membuat prihatin banyak pihak, dan Rabu sore (10/05/2017) Satuan Lalu Lintas Polres Pasuruan telah melaksanakan Operasi Patuh Semeru 2017 dengan sistem stasioner yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Pasuruan KOMPOL Subadar, SH.

Operasi patuh Semeru 2017 mengusung tema “Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat di Bidang Kamseltibcarlantas Dalam Rangka Melaksanakan Kebijakan Promoter Kapolri di Wilayah Hukum Polres Pasuruan.”

“Operasi Patuh merupakan operasi rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Fitri guna menjaga Kamseltibcar Lantas dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H dan hari raya Idul Fitri 2017,” katanya.

Dalam pelaksanaan Operasi tersebut nantinya, Polisi akan mengedepankan penegakan hukum represif berupa Tilang, terutama bagi para pelanggar Lalu Lintas yang berpotensi kecelakaan. “Operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan giat penegakkan hukum disertai giat preentif dan preventif secara selektif prioritas. Jadi dihimbau kepada masyarakat agar semua masyarakat bisa mematuhi peraturan Lalu Lintas di jalan,” tambah Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Mellysa Amalia, S.H., S.I.K.

Tujuan operasi tersebut kata AKP Mellysa Amalia, S.H., S.I.K., yakni terwujudnya kesadaran disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, menurunkan fatalitas kecelakaan.

Setiap penguna jalan yang melewati depan Polres Pasuruan tidak luput dari pemeriksaan untuk Kendaraan Roda Dua dimasukkan ke halaman Polres Pasuruan, tidak kurang 313 pengendara Sepeda Motor, 3 Mobil Pribadi, 6 Mobil Barang / Pick Up, dan 5 Truck, diperiksa oleh anggota Sat Lantas Polres Pasuruan dalam imbangan Operasi Patuh tersebut.

Dari Operasi tersebut Sat Lantas Polres Pasuruan memberikan tilang, baik tilang manual maupun elektronik kepada beberapa penggendara baik roda 2 maupun roda 4 yang yang tidak Membawa SIM, STNK maupun kendaraannya kurang lengkap.

Lebih lanjut Kasat Lantas Polres Pasuruan menerangkan bahwa langkah penertiban di bidang Lalu Lintas ini merupakan upaya Sat Lantas Polres Pasuruan dalam rangka memberikan pendidikan tertib Berlalu Lintas kepada warga masyarakat Kab. Pasuruan serta guna mendukung suksesnya Operasi Patuh Semeru 2017 yang digelar serentak di seluruh Indonesia dan akan berlangsung selama 14 hari kedepan ini, serta diharapkan dengan adanya Operasi ini masyarakat dapat tertib Berlalu Lintas dan menekan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Pasuruan.

“Saya mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada Sat Lantas Polres Pasuruan yang telah memberikan pembinaan dan teguran serta tidak memberikan sangsi e-tilang kepada kami,  dan insa’alloh kami akan melengkapi dan patuhi semua peraturan Lalu Lintas,” ucap salah satu pelanggar Lalu Lintas.

“Yang terakhir jangan lupa untuk melengkapi peralatan berkendara seperti STNK, SIM, kelangkapan motor dan tetap mematuhi rambu Lalu Lintas,” tandasnya AKP Mellysa.

Sebelumnya Wakapolres Pasuruan, dan Kapolsek Kejayan di Sertijabkan
Selanjutnya PWI Minta Kapolres Bondowoso Yang Baru Mampu Berkomunikasi Baik dengan Wartawan