Paripurna DPRD Kota Blitar, Tetapkan Perubahan APBD.
Foto: Suasana Paripurna DPRD Kota Blitar

Paripurna DPRD Kota Blitar, Tetapkan Perubahan APBD.

Laporan : Herlina.

BLITAR,(suarapublik). Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) kota Blitar tahun 2018 telah ditetapkan hari ini kamis 27 september 2018. 

Dalam rapat Paripurna hari ini dihadiri peserta rapat Badan Anggaran DPRD Kota Blitar Glebot Catur Arijanto, SH sebagai Ketua Ketua Badan Anggaran , Drs. Slamet , Totok Sugiarto sebagai Wakil Ketua Badan Anggaran , Sekretaris Dra. Eka Atikah dan anggota DPRD kota Blitar lainnya, dan dihadiri Tim Anggaran Pemerintah Daerah meliputi Drs. Rudi Wijonarko, M.Si selaku Sekretaris Daerah , Ec. Setija Basuki sebagai Asisten Administrasi dan anggota Tim Anggaran Pemerintah Daerah lainnya.

Turut dihadiri pula oleh Organisasi Perangkat Daerah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Drs. Hermansyah Permadi, M.Si , beserta anggota eksekutif lainnya. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim BPK-RI atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) SILPA(Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) tahun 2017 sebesar Rp 129 Milyar. Dalam hasil pembahasan Raperda tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2018 di kota Blitar berkaitan dengan isu strategis dan permasalahan pembangunan daerah, berkaitan dengan pembenahan dan peningkatan infrastruktur dan suprastruktur daerah penunjang sektor perdagangan, pariwisata dan destinasi wisata serta BUMD meliputi tindak lanjut Kebakaran Pasar Legi Blitar dan Pembagunan Smp 3 Blitar, tindak lanjut Eks Pedagang Jalan Mastrip dan Pasar Templek, Peningkatan infrastruktur dan suprastruktur "Dalem Gebang, Sirkuit Sentul, GOR, Stadion Suprijadi dan Gedung Kesenian, Revitalisasi BUMD PDAM dan Revitalisasi Water Park Sumber Udel. 

Totok Sugiarto Wakil Ketua DPRD Kota Blitar saat ditemui wartawan suarapublik mengatakan," utamanya Silpa 2017 sebesar 129 Milyar harus dilaksanakan selesai tahun 2018 ini. Jadi sebelumnya Pendapatan Asli Daerah diasumsikan hanya 144 Milyar, sekarang mengadi 150 Milyar, ada peningkatan, ujarnya.

" Ditambahkan," disisi dana perimbangan ada penurunan. Beberapa kegiatan menyangkut prioritas daerah yang harus diselesaikan dari tahun 2018 ini diperlukan penambahan dan pergeseran program kegiatan, jenis objek kegiatan dan pergerseran antar rekening yang dilakukan di APBD-P tahun 2018.

Masih Totok," pihaknya juga merekomendasikan pecepatan penyelesaikan dokumentasi administrasi perencanaan pembangunan Pasar Legi, pasar templek disertai konsep penataan, dan rencana relokasi pedagang Pasar Templek ke Pasar Dimoro. Semua masukan Dewan kepada Pemerintah Kota Blitar diharapkan rampung pada akhir tahun 2018."pungkasnya (dra)

Sebelumnya Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung, Dilantik Pakde Karwo.
Selanjutnya Ruangan Staf Ahli Ir. Dwi Fitri Nurcahyo Disegel, Ternyata Dwi Merangkap PLH Kadis PUPR.