Pasca Lebaran, Telor Ayam di Pasuruan Harganya Melambung.

Pasca Lebaran, Telor Ayam di Pasuruan Harganya Melambung.

Laporan: Iwan Dayat.

Pasuruan suara-publik.com Pasca lebaran hari raya Idul fitri 1439 hijriyah, Harga telur ayam di kota Pasuruan melambung hingga mengalami kenaikan harga mencapai 35.000 rupiah untuk setiap kilogram.

Telur ayam di kota Pasuruan beberapa pekan setelah hari raya semakin sulit didapat bahkan hanya satu agen telur yang mampu menyuplai telur untuk penjualan grosir. " Harga naik karena minimnya barang, sedangkan permintaan telur tetap mungkin telur banyak yang dikirim ke luar pulau, " Tukas Mei Hwa agen telur di jalan Lombok kota Pasuruan, Jum' at (6/7).

Harga telur di tingkat agen besar untuk penjualan grosir di kota Pasuruan menurut Mei Hwa saat ini mencapai harga 25.500 rupiah. " Di pasar besar saat ini dikisaran harga 30.000 rupiah untuk setiap kilonya, " Tambah Mei Hwa.

Dari penelusuran suara publik di beberapa toko klontong dan pasar Gadingrejo kota Pasuruan telur ayam sulit didapat. Bahkan para penjual menjelaskan sudah empat hari kesulitan mendapatkan telur ayam. " Kalaupun ada telur harganya masih tinggi bisa mencapai 30.000 rupiah per kilonya, " Kata Abidin pedagang klontong di pasar Gadingrejo kota Pasuruan.

Di pasar swalayan maupun mini market, harga telur ayam bisa mencapai hingga 37.000 rupiah per kilonya.

Akibat mahalnya harga telur ayam dan sulitnya mendapatkan telur di kios peracangan maupun toko klontong membuat para ibu rumah tangga mengganti menu makanan telur ayam menjadi menu yang lain seperti ikan laut maupun daging ayam yang harganya lebih terjangkau, (dyt).

Sebelumnya Beraksi 5 Kali, Jambret Asal Sidoarjo di Tembak Kedua Kakinya.
Selanjutnya Jalan Lodoyo - Kademangan Berlobang, PU PR Kab. Blitar Langsung Perbaiki.